22 Prajurit Yonzeni 2 Marinir Ini Jalani Ritual Mandi Bunga, Ada Apa Gerangan?

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:12
22 Prajurit Yonzeni 2 Marinir Ini Jalani Ritual Mandi Bunga, Ada Apa Gerangan?

JAKARTA - Ada pemandangan yang tak biasa di Lapangan Apel Yonzeni 2 Marinir Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya pada hari Kamis kemarin. Sebanyak 22 PrajuritBatalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar) menjalani ritual mandi bunga.

Ada apa gerangan? Ternyata mengutip keterangan Dispen Kormar yang diterima Koran Jakarta, Minggu (10/10), tradisi siraman air bunga itu merupakan bagian dari ritual atau prosesi upacara kenaikan pangkat. Upacara kenaikan pangkat itu sendiri telah dilaksanakan pada hari Kamis kemarin.

"Upacara kenaikan pangkat yang dilaksanakan di Lapangan Apel Yonzeni 2 Marinir Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya ini dipimpin langsung oleh Danyonzeni 2 Marinir Letkol Mar Eko Puji S," kata Dispen Kormar.

Dispena Kormar juga menginformasikan, prosesi upacara kenaikan pangkat diawali dengan penghormatan pasukan yang dipimpin oleh komandan upacara Lettu Mar Ricky Setya Darmawan kepada Irup (Danyonzeni 2 Mar). Dilanjutkan dengan pelepasan tanda pangkat lama dan penyematan tanda pangkat baru serta amanat.

"Selesai upacara seluruh personil yang naik pangkat (2 Perwira, 2 Bintara, 18 Tamtama) melaksanakan acara tradisi berupa siraman bunga yang mengandung makna agar kedepan menjadi prajurit yang lebih baik, amanah dan profesional sehingga bisa membawa nama harum Korps Marinir Khususnya Yonzeni 2 Mar sesuai dengan tugas pokok masing masing," kata Dispen Kormar.

Dalam amanatnya Danyonzeni 2 Mar mengatakan bahwa upacara kenaikan pangkat ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan dari TNI Angkatan Laut dan Korps Marinir atas prestasi, dedikasi dan kontribusi positif yang telah ditunjukan selama ini. Dengan bertambah pangkat maka bertambah pula tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

"Oleh karena itu syukuri apa yang telah dipercayakan oleh dinas agar dapat lebih memberikan makna bagi kehidupan para prajurit dan keluarganya serta tunjukkan dedikasi semangat dan loyalitas yang tinggi dimanapun berada," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Yonzeni 2 Mar Mayor Mar Sulistyo Wiyono, seluruh perwira Staf Yonzeni 2 Mar, Pejabat Danki serta seluruh perwira di jajaran Yonzeni 2 Mar. Rangkaian upacara diakhiri pemberian ucapan selamat dari seluruh prajurit kepada anggota yang naik pangkat. Selama kegiatan berlangsung tetap melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Artikel Asli