Dua Modal Penting Keluar Pandemi Menurut Wapres

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:04
Dua Modal Penting Keluar Pandemi Menurut Wapres

IHRAM.CO.ID,JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan dua modal penting agar bangsa Indonesia keluar dari Pandemi Covid-19. Selain penanganan secara kesehatan, modal spiritual dan modal sosial juga penting agar terlepas dari kondisi saat ini.

"Pertama, adalah modal spiritual, kedua, modal sosial," ujar Wapres saat hadir di acara Kreasi Virtual Katolik Indonesia, Sabtu (9/10).

Wapres menjelaskan, modal spiritual dibutuhkan agar dalam menghadapi pandemi dijauhkan dari sikap putus asa yang akan melemahkan semangat. Karena itu, usaha dan doa agar harus selalu dilakukan .

Sedangkan, modal sosial juga tak kalah penting untuk mempercepat bangsa Indonesia keluar dari pandemi. Sebab, kata Wapres, ikatan persaudaraan dan solidaritas akan menguatkan bangsa dalam memikul beban dan kesulitan.

"Untuk bangkit dari krisis pandemi, bangsa Indonesia memerlukan energi kolektif yang besar berupa empati, kepedulian, solidaritas sosial, dan gotong-royong dari seluruh masyarakat," kata Wapres.

Wapres mengingatkan, Indonesia termasuk yang masih mengalami dan berupaya menanggulangi pandemi Covid-19. Namun, Pemerintah tidak dapat mengatasi dan menanggulangi sendiri masalah pandemi ini, tetapi juga semua elemen bangsa.

"Kita sendirilah yang bisa mengupayakan kapan Pandemi Covid-19 dapat berakhir, sehingga kita bisa hidup kembali secara normal. Jika kita semua taat melakukan Protokol Kesehatan dan vaksinasi, maka diharapkan pandemi ini dapat segera berakhir," ujar Wapres.

Artikel Asli