Netty Aher Dorong Kepolisian Luwu Timur Buka Kembali Kasus Kejahatan Seksual Secara Transparan

rmol.id | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 11:24
Netty Aher Dorong Kepolisian Luwu Timur Buka Kembali Kasus Kejahatan Seksual Secara Transparan

RMOL.Tagar #PercumaLaporPolisi ramai di sosial media dan menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Tagar ini muncul lantaran adanya kasus pemerkosaan anak di bawah umur oleh ayah kandungnya sendiri di Luwu Timur yang dihentikan kasusnya oleh aparat kepolisian.

Anggota DPR RI Netty Prasetiyani Aher mendesak aparat kepolisian kembali membuka penyelidikan kasus tersebut.

"Saya mendorong pihak kepolisian Luwu Timur agar membuka kembali penyelidikanterhadap kasus kejahatan seksual ini secara transparan. Apalagi korbannya anak-anak dan terduga pelaku adalah orang yang seharusnya memberikan perlindungan dan rasa aman pada keluarga," kata Netty dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/10).

Menurutnya, trending-nya tagar tersebut menjadi bukti tercederainyakepercayaan rakyat terhadap lembaga kepolisian.

"Lanjutkan penyelidikan, jangan sampai mencederai rasa kepercayaan rakyat pada lembaga kepolisian, imbuhnya.

Mengutip laporan investigasi yang dilakukan oleh media, lanjut Netty, penanganan kasus tersebut menyisakan banyak pertanyaan. Pasalnya, terdapat kejanggalan dari segi proses penanganan hukum lantaran tidak ada pendampingan baik antara korban maupun saksi.

"Misalnya,dalam prosesnya kurang melibatkan secara penuh kuasa hukum, orang tua, dan pendamping sosial korban. Fasilitas rumah aman, konseling, dan dukunganfasilitas lainnyakurang memadai, katanya.

Oleh sebab itu, Netty meminta agar kasus ini tidak simpang siur, pihak aparat harustegas dan berpihak padakorban yang memiliki hubungan personal dengan pelaku.

"Beri dukungan pada ibu korban yang berani melaporkan kasus ini, jangan malah diviktimisasi sebagai Ibu yang memiliki gangguan kejiwaan," katanya. []

Artikel Asli