Tidak Hanya Memburu KKB, Satgas TNI Juga Lakukan Perbuatan Mulia Ini di Perbatasan RI-PNG

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 10:34
Tidak Hanya Memburu KKB, Satgas TNI Juga Lakukan Perbuatan Mulia Ini di Perbatasan RI-PNG

Pegunungan Bintang - Dalam rangkaian HUT ke-76 TNI dan mendukung Program Anak Indonesia Sehat, Poskoki Oksibil

Prajurit TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas ) Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua memberikan pelayanan imunisasi kepada siswa SD Inpres Kutdol untuk mendukung program Indonesia sehat di perbatasan RI-PNG.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima ANTARA, Minggu mengatakan layanan imunisasi untuk siswa digelar dalam rangka HUT ke-76 TNI tahun 2021di Poskoki Oksibil telah menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang dan Dewan Guru SD Inpres Kutdol sebagai wujud kepedulian Satgas TNI beserta pemerintah untuk menjaga kesehatan anak-anak usia sekolah di wilayah perbatasan.

"Anak-anak tetap semangat mengikuti imunisasi dan mengikuti instruksi dari tim kesehatan Satgas mulai dari duduk yang rapi, tertib, dan menggunakan masker selama kegiatan sehingga kegiatannya dapat dilaksanakan dengan semangat serta penuh kegembiraan," ucap Dansatgas.

Diakui Letkol Ade Siregar, anak-anak pada usia sekolah dasar khususnya yang masih duduk di kelas satu dan dua sangat rentan dengan beberapa penyakit terutama penyakit campak dan penyakit Diphteria Tetanus (DT) apalagi bila penyakit tersebut mengenai anak yang dengan gizi kurang atau sedang menderita satu penyakit lainnya.

"Oleh karena itu tim kesehatan Poskoki Oksibil Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mendukung Program Anak Indonesia Sehat dan mengajak anak-anak di sekolahan untuk mempraktekan pola hidup sehat sejak dini," ujarnya.

Disebutkan, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang Papua bahwa virus campak dapat menyerang sistem pernapasan dan sistem kekebalan anak.

"Sehingga anak jadi rentan terhadap berbagai infeksi lainya, seperti peneumonia dan diare,"ungkapnya.

Sementara itu, salah satu Guru SD Inpres Kutdol Bapak Edmon Kaladana (44) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Oksibil dan Dinkes Kabupaten Pegunungan Bintang karena telah rela datang jauh-jauh dengan membawa obat vaksin dan seperangkat alat instruksi kesehatan untuk mengajarkan kepada anak-anak di sekolah tentang pola prilaku hidup sehat bersih.

"Tentunya kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak. Kami atas nama dewan Guru SD Inpres Kutdol mengucapkan rasa syukur dan menyampaikan terimakasih kepada bapak-bapak TNI Satgas Yonif 403 Pos Oksibil yang sudah memberikan imunisasi campak dan DT serta pengetahuan kesehatan dan mengajarkan kepada siswa tentang menjaga pola hidup sehat," harap Edmon.

Artikel Asli