3 Amalan Sunnah Bagi Muslimah yang Berpahala Besar, Nomor 1 Paling Disenangi

jatimtimes.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 09:34
3 Amalan Sunnah Bagi Muslimah yang Berpahala Besar, Nomor 1 Paling Disenangi

JATIMTIMES - Sebagai seorang muslimah, banyak hal yang dilakukan untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala. Selain menjalankan ibadah salat wajib, dianjurkan pula bagi muslimah untuk mengamalkan hal-hal sunnah.

Amalan-amalan ini ketika dilakukan justru akan banyak mendulang pahala yang besar. Apa saja itu?

1. Mewarnai kuku dengan pacar

Sudah banyak yang tahu, bahwa mewarnai kuku bagi wanita muslimah untuk mempercantik tangan adalah hal yang disunnahkan. Tapi, menggunakan pacar bukan kutek yang bisa menghalangi dari salat lantaran wudu yang tidak sah.

Hal itu berdasarkan hadis dari Aisyah ra, ia berkata :

"Ada seorang perempuan menyodorkan sebuah surat kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dari balik tirai. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menarik tangan beliau sambil berkata, 'Aku tidak tahu apakah ini tangan laki-laki ataukah tangan perempuan'. Perempuan tersebut menjawab, 'Bahkan tangan perempuan'. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jika engkau memang perempuan tentu engkau akan mewarnai kukumu" yaitu dengan pacar." (HR Abu Daud no 4166, dinilai hasan oleh al Albani).

2. Memanjangkan ujung kain

Salah satu hal kecil yang juga bisa mendulang pahala selain para muslimah dianjurkan mengenakan hijab, yakni dengan memanjangkan ujung kain. Hal ini merupakan salah satu sunah Nabi Muhammad SAW.

Dari Shafiyah binti Abu Ubaid, beliau bercerita bahwa Ummi Salamah, istri Nabi berkata kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika beliau membicarakan larangan isbal (celana di bawah mata kaki) bagi laki-laki, "Bagaimana dengan perempuan, wahai Rasulullah?"

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Hendaknya perempuan memanjangkan ujung kainnya sebanyak sejengkal (dari mata kaki)".

Kemudian, Ummu Salamah berkata, "Jika demikian, ada bagian tubuh perempuan yang masih mungkin untuk tersingkap." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika demikian, ditambahkan satu hasta (dua jengkal)-dari mata kaki-tapi tidak boleh lebih dari itu." (HR Abu Daud no 4117, dinilai shahih oleh al Albani).

3. Betah berada di rumah

Hal berikutnya yang juga berpahala besar bagi seorang muslimah yakni, betah berada di rumah. Hal ini juga tercantum dalam firman Allah SWT QS. Al-Ahzab ayat 33 yang artinya:

"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya."


Artikel Asli