Kasih Lampu Hijau Ke Jamaah Umroh RI Salman... Syukron...

rm.id | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:50
Kasih Lampu Hijau Ke Jamaah Umroh RI Salman... Syukron...

Kabar baik datang dari Arab Saudi. Negara yang dipimpin Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud itu siap menerima lagi jamaah umroh Indonesia lagi. Raja Salman, syukron ya.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besarnya secara resmi telah mengizinkan pelaksanaan ibadah umroh bagi jamaah dari Indonesia. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, izin itu diberikan menyusul perkembangan Corona di Indonesia yang mulai membaik dalam beberapa waktu terakhir.

Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah Indonesia, ujar Retno dalam jumpa pers secara virtual, kemarin.

Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia, kata Retno, saat ini tengah meminimalisir segala hambatan pembukaan kembali pelaksanaan umroh untuk jamaah dari Indonesia. Pemerintah Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi kini dalam tahap akhir pembahasan teknis. Seperti terkait vaksin dan proses karantina.

Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jamaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan, ungkapnya.

Dia menambahkan, Kemenlu juga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Termasuk otoritas terkait di Kerajaan Saudi mengenai pelaksanaan kebijakan baru tersebut.

Sekadar informasi. Saudi pada Agustus 2021 sudah membuka kembali penyelenggaraan ibadah umroh bagi negara-negara tertentu, tapi belum untuk Indonesia. Alasannya, Saudi menilai Corona di Indonesia belum turun.

Jamaah WNI memang belum (umroh) sampai sekarang. Kemungkinan Saudi masih menganggap situasi Covid-19 belum baik, tutur Konsul Jenderal KJRI Jeddah Eko Hartono, beberapa waktu lalu.

Saudi juga kini telah mengakui vaksin Corona produksi China, Sinovac dan Sinopharm. Sebelumnya mereka hanya mengakui empat vaksin corona yakni Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Jhonson and Jhonson.

Meski mengakui, Saudi mewajibkan pengunjung disuntik vaksin booster dari empat jenis vaksin yakni Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Jhonson and Jhonson.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily turut bahagia mendengar kabar bahwa jamaah Indonesia sudah diperbolehkan beribadah di Tanah Suci. Alhamdulillah, tentu kita patut bersyukur atas dibukanya kembali ibadah umroh untuk umat Muslim dari Indonesia, katanya, saat dihubungi Rakyat Merdeka , tadi malam.

Ace mengatakan, keputusan Saudi membuka jamaah Indonesia untuk umroh tidak lepas dari semakin terkendalinya penanganan Corona di Indonesia. Karena memang faktanya, penanganan pandemi di dalam negeri benar-benar tertangani.

Meski begitu, masih ada PR besar yang harus diselesaikan pemerintah Indonesia. Seperti, menindaklanjuti secara teknis, sejauh mana persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan Saudi terkait detail pelaksanaan umroh.

Tentu akan terkait dengan protokol kesehatan dan kebutuhan biaya penyelenggaraan umroh yang akan diberikan kepada penyelenggara umroh di Indonesia, pesan politikus Golkar ini.

Kata Ace, pada prinsipnya, keputusan pemerintah Saudi telah menunjukan kepercayaan terhadap Indonesia dalam penanganan Corona. Alhasil, bisa membuat jamaah Indonesia tersenyum, khususnya yang rindu beribadah di rumah Allah. Ini merupakan kabar yang menggembirakan. Yang diharapkan dapat memenuhi kerinduan umat Islam Indonesia untuk berziarah ke Tanah Suci, cetusnya.

Ia meminta, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama segera menindaklanjutinya dengan melakukan pembicaraan secara teknis pelaksanaan detailnya. Terutama soal protokol kesehatan dan ketentuan yang terkait dalam penyelenggaraan umroh di Tanah Suci itu.

Publik yang mengetahui kabar ini lantas berterima kasih kepada Raja Salman. Kabar hari ini umroh juga sudah diperbolehkan oleh Kerajaan Saudi Arabia untuk WNI, ungkap @TriwidodoAries . Alhamdulillah. Ayo bersyukur yang mau umroh, ucap @AgusAbidurohman .

Akun @Masmaspotato berpesan agar penanganan pandemi tidak kendor sampai statusnya kadi endemi. Tetap semangat sampai berangkat umroh, imbuhnya. [MEN]

Artikel Asli