2020, Urutan Keenam Stadion Terbaik Dunia

Nasional | radarjogja | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:31
2020, Urutan Keenam Stadion Terbaik Dunia

RADAR JOGJA Stadion ini berada di Kampung Harapan, Nolokla, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Kapasitasnya 42 ribu penonton. Ini stasdion terbesar dan termegah di Tanah Air setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Ana R. Dewi, Jayapura, Radar Jogja

DINAMAI Stadion Lukas Enembe. Nama itu diambil dari sosok Gubernur Papua, Lukas Enembe. Stadion ini dibangun pada 2017 silam dan diresmikan setahun lalu. Atau tepatnya, 23 Oktober 2020.
Yang menarik dari Stadion Lukas Enembe yakni ada pada desain aksitekturnya. Dipenuhi ornamen khasPapua berupa ukiran-ukiran dari Suku Tabi, khususnya di wilayah Sentani. Fasad penopang terbuat dari baja, juga lampu eksterior bersinar ketika malam hari. Kalau dapat dilihat itu kurang lebih segitiga-segitiga yang menjadi cover luar stadion yang jadi daya tarik tersendiri, kata Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alex Kapisa.

Kecantikannya makin bertambah. Sebab, stadion Lukas Enembe terletak tak jauh dari Pegunungan Cycloop di bagian utara dan Danau Sentani di bagian selatan. Stadion ini berdiri di lahan seluas 13 hektare dan menggunakan anggaran dari APBD Papua mencapai Rp 1,3 Triliun.
Di kompleks stadion, terdapat sejumlah fasilitas lain. Seperti lapangan pemanasan dan venue atletik serta aquatic. Lapangan atletik bersertifikasi IAAF alias Federasi Atletik Internasional. Nah, khusus lapangan bola digunakan rumput terbaik yakni Zoysia Matrella atau rumput Manilla, seperti yang dipakai di GBK.

Dari fasilitas yang dimiliki, tak berlebihan jika Stadion Lukas Enembe disebut stadion bertaraf internasional. Karena mulai dari rumput sintetis track sampai dengan soundsytem lighting berstandar internasional. Lightingnya mengikuti suara sound system. Jadi seperti menari-nari lightingnya dan ini baru pertama kali digunakan di Indonesia, jelas Alex.
Bahkan, dari hasil kontestasi stadion-stadion terbaik di dunia pada 2020, Stadion Lukas Enembe masuk dalam urutan keenam stadion terbaik di dunia. Sebagai warga negara Indonesia, khususnya warga Papua kita patut berbangga ya karena predikat yang diberikan kepada Stadion Lukas Enembe pada 2020, tambah Alex.

Dalam sebulan, total perawatan dua venue; lapangan utama dan lapangan pemanasan memakan biaya sampai Rp 190 Juta. Karena sudah mendapat dukungan anggaran dan roadmap pemanfaatan event yang diselenggarakan pasca Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, pihaknya siap memelihara dan memanfaatkan stadion sebaik mungkin. Kami jamin tidak akan mangkrak karena kami belajar dari penyelenggaraan PON di daerah lain, tandasnya.

Presiden RI Joko Widodo bahkan memuji stadion ini sebagai yang terbaik di Asia Pasifik. Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga ada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik ini, papar Jokowi dalam Opening Ceremony PON XX 2021 akhir pekan lalu, Sabtu (2/10). (din)

Artikel Asli