Haul 100 Hari Ki Manteb Sudarsono, Anies Kenang Pemberian Keris

okezone | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 06:29
Haul 100 Hari Ki Manteb Sudarsono, Anies Kenang Pemberian Keris

JAKARTA - Memperingati haul 100 hari wafatnya dalang kondang Ki Manteb Sudarsono , Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengenang kembali pertemuan almarhum pada 25 April 2021.

Kenangan itu dibagikan Anies melalui video yang diunggah di akun instagram miliknya @aniesbaswedan. Dalam video itu, Anies menunjukkan keris luk 7 pemberian Ki Dalang Manteb Sudarsono sekaligus menerangkan secara detail makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya melalui unggahan ke media sosial pribadinya.

Saya terima keris ini sbg kehormatan & Insya Allah dijaga. Begitu juga pesan agar wayang kulit tetap hidup & berkembang, jawab Anies saat menerima keris dari almarhum Ki Manteb Sudarsono.

Anies saat itu berkunjung ke rumah Ki Manteb bersama Ketua PEPADI Kondang Sutrisna, dan Ketua Paguyuban Seni Budaya Nusantara Yoga Mandira. "68 hari kemudian, 2/7/2021, Ki Manteb wafat," ujarnya.

Di sela diskusi, almarhum Ki Manteb membuka sebuah kotak, mengeluarkan sebuah keris dan lalu menyerahkannya, sambil menjelaskan tentang keris itu dengan amat detail.

Saat diskusi, beliau mengeluarkan sebilah keris & cerita," tuturnya.

Artikel Asli