Bareng SRE, RM Gelar Webinar Road To COP26 Menteri Siti: Ide Brilian Dan Sangat Strategis, Langsung Menohok Jantung Persoalan

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:23
Bareng SRE, RM Gelar Webinar Road To COP26 Menteri Siti: Ide Brilian Dan Sangat Strategis, Langsung Menohok Jantung Persoalan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengapresiasiRakyat Merdeka dan Society of Renewable Energy (SRE), yang berkolaborasi menggelar webinar Road to COP26: Indonesian Youth Determination in Climate and Clean Energy Actions pada 6 Oktober 2021.

Webinar yang digelar jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terkait perubahan iklim atau COP26 di Glasgow, Skotlandia pada31 Oktober mendatang itu digelar secara hybrid dari Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan diikuti oleh lebih dari 250 peserta.

Dengan menampilkan delegasianak muda yang concern terhadap isu perubahan iklim dan clean energy , baik dari dalam ataupun luar negeri.

"Saya menghargaiprakarsa atau inisiatif dan langkah Rakyat Merdeka dan SRE yang langsung menohok di jantung pokok persoalan, terkait perubahan iklim, berkenaan dengan energi yang sebenarnya sangat dibutuhkan dalam pembangunan nasional Indonesia dan bangsa lainnya," kata Menteri Siti dalam paparannya, Rabu (6/10).

Menurutnya, upaya mendorong penggunaan energi bersih atau EBT adalah sebuah langkah mulia. Karena menyangkut kepentingan kehidupan yang mendasar dan bersifat jangka panjang, untuk menjaga atmosfer yang sehat.

Sehingga, sistem penopang kehidupan terus berlangsung sebagaimana mestinya tanpa gangguan terhadap biosfir.

Menteri Siti menyebut, perubahan keseimbangan alam, sangat penting ditangani lewat gagasan clean energy .

"Ini ide brilian dan sangat strategis," tandasnya.

Ia mengaku bangga, SRE yang dimotori kalangan generasi muda punya gagasan yang positif dan konstruktif. Apalagi, pada 31 Oktober mendatang, komunitas global akan menggelar COP26 atau Conference of Parties di Glasgow, Skotlandia.

"Misinya sangat penting. Menjaga suhu permukaan bumi tidak lebih dari 1,5 derajat Celcius, agar tetap menjaga keseimbangan alam," tandas politisi Nasdem ini.

Dalam acara tersebut, Pendiri SRE Zagy Yakana Berian mengatakan, webinar ini digelar untuk menghimpun ide dan program anak muda seputar energi bersih dan perubahan iklim.

"Empatdelegasi anak muda telah dipilih untuk berbicara di forum ini. Mereka terseleksi dari 30 kandidat yang semuanya memiliki portofolio pendidikan di atas rata-rata," kata Zagy.

Keempat delegasi untuk sektor climate change itu antara lain Tamara Iskandar, Lesty Laura Boru Simamora, Nabilah Kushaflyki, dan Novia Xu.

Sementara delegasi untuk sektor clean energy antara lain Bryan Eduardus, Muhammad Naufal Musti, Ilham Nugraha dan Yumna Dzakiyyah.

Pada kesempatan yang sama Direktur Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayanamengaku bangga bisa berkolaborasi dengan SRE yang dimotori para anak muda, dalam membedah isu-isu energi bersih dan perubahan iklim.

Sebelumnya, Rakyat Merdeka dan SRE juga menggelar webinar seputar isu Energi Baru Terbarukan (EBT) pada Agustus 2020.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung Rakyat Merdeka dan SRE dalam kegiatan ini," kata Kiki Iswara

Acara yang diinisiasi oleh Rakyat Merdeka dan SRE ini didukung oleh Kementerian LHK dan Perhutani digelar selama 2 hari, pada 6-7 Oktober 2021. [SAR]

Artikel Asli