Berhasil Tekan Angka Kelahiran, Cak Thoriq Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Nasional | jatimtimes.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:24
Berhasil Tekan Angka Kelahiran, Cak Thoriq Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

JATIMTIMES Kabupaten Lumajang dinilai berhasil menekan angka kelahiran dak keikutsertaan masyarakat dalam program Keluarga Berencana. Untuk angka kelahiran misalnya, angka rata-rata Kabupaten Lumajang jauh lebih baik dibandingkan dengan angka kelahiran di Jawa Timur.

Lumajang mencatat angka kelahiran total atau Total Fertility Rate (TFR) pada 1,93. Angka ini lebih baik dibandingkan TFR Jawa Timur yang ada pada 2,02.

Atas keberhasilan ini Kabupaten Lumajang menerima penghargaan Manggala Karya Kencana bersama sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur.

Selain mampu menekan angka kelahiran, Kabupaten Lumajang juga dinilai sukses dalam keikutsertaan warganya dalam Program Keluarga Berencana. Lumajang mencatat keikutsertaan KB mencapai 75,44 persen, dan prosentase ini diatas rata-rata Jawa Timur.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi, BKKBN RI Panti PKK Kabupaten Lumajang, pada hari ini Rabu (6/10).

"Kami bersyukur atas keberhasilan pengendalian penduduk di Kabupaten Lumajang. Saya juga mengapresiasi kerja Dinas Pengendalian Penduduk Kabupaten Lumajang yang telah bekerja keras untuk mencapai keberhasilan ini, kata Bupati Lumajang, dalam kesempatan ini.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyebut keberhasilan ini adalah keberhasilan semua pihak yang terlibat dalam usaha menekan angka kelahiran dan keikutsertaan program KB di Lumajang.

Artikel Asli