Covid-19 Mulai Terkendali, IDI: Lebih Baik Waspada Ketimbang Nantinya Menyesal

Nasional | sindonews | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:28
Covid-19 Mulai Terkendali, IDI: Lebih Baik Waspada Ketimbang Nantinya Menyesal

JAKARTA - Masyarakat tetap perlu waspada walaupun kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Angka positivity rate harian di beberapa provinsi telah di bawah 1%, salah satunya di DKI Jakarta. Angka ini juga jauh di bawah ketentuan yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) yakni 5%.

"Positivity rate Indonesia rata-rata 3%. Bahkan di beberapa provinsi di bawah itu. Misalnya Jakarta di angka 0,9%. Artinya pandemi terkendali dan risiko penularan rendah," ujar Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban lewat akun media sosial pribadinya, dikutip Rabu (6/10/2021).

Zubairi juga mengingatkan bahwa kasus Covid-19 bisa kapan saja mengalami kenaikan. "Tapi korona ini bisa bergerak naik kapan saja. Tetap prokes. Lebih baik waspada ketimbang nantinya menyesal," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga telah mengingatkan agar tidak euforia dengan keberhasilan mengendalikan kasus Covid-19 saat ini. "Sekali lagi, kita confidence cukup baik atau sangat baik, kita bisa mengendalikan ini," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Pasalnya, kata Luhut, masih banyak yang tidak diketahui mengenai virus Covid-19 varian Delta ini. Apalagi, varian Delta menjadi salah satu penyebab kenaikan angka kasus Covid-19 di berbagai negara termasuk di Indonesia. Varian ini bahkan juga meningkatkan keparahan sehingga menambah beban rawatan di rumah sakit.

Artikel Asli