Presiden Prancis Ungkap Syarat Agar Taliban Diakui Dunia

Nasional | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:00
Presiden Prancis Ungkap Syarat Agar Taliban Diakui Dunia

IHRAM.CO.ID, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron mengungkap syarat agar Taliban mendapat pengakuan internasional. Hal tersebut diungkapnya terkait dengan pelaksanaan KTT G20 yang digelar akhir Oktober.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio France Inter yang disiarkan pada Selasa (5/10), Macron mengatakan persyaratan itu harus mencakup kesetaraan bagi perempuan, akses untuk operasi kemanusiaan asing dan tidak ada kerja sama dengan kelompok teror.

Saya percaya pengakuan internasional harus memiliki harga, dan martabat perempuan Afghanistan, kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, harus menjadi salah satu poin yang kami tekankan, dan harus menjadi syarat," kata Macron, dilansir Alarabiya.

Macron mengatakan, KTT G20 yang akan berlangsung di Roma pada akhir Oktober akan membahas tentang Afghanistan. Dalam pertemuan tersebut para pemimpin negara anggota G20 akan menetapkan langkah untuk menanggapi Taliban yang kembali berkuasa setelah mengambil alih Afghanistan.

Kami akan berbicara tentang Afghanistan. Kita mutlak harus, artinya Eropa, Amerika, Cina, Rusia, kekuatan besar Afrika, Asia, Pasifik, dan Amerika Latin bersama-sama harus memiliki pesan yang sangat jelas bahwa kita akan menetapkan syarat pengakuan untuk Taliban," kata Macron.

Artikel Asli