Nadiem Berkomitmen Akan Terus Dukung Para Guru di Masa Pandemi

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:20
Nadiem Berkomitmen Akan Terus Dukung Para Guru di Masa Pandemi

JawaPos.com Dalam rangka Hari Guru Sedunia 2021 yang masih di masa pandemi Covid-19, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan bahwa akan terus mendukung para guru dalam mendidik anak-anak Indonesia.

Pasalnya, selama hampir dua tahun terakhir ini, para guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah pandemi. Mereka ditantang untuk menggunakan teknologi, membuat pembelajaran daring yang menarik bagi para murid.

Di sisi lain, daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah. Untuk itu, sejumlah kebijakan yang berpihak pada guru pun sudah dikeluarkan oleh pihaknya di masa pandemi ini.

Dengan hal ini kami berupaya membantu dan mendukung para pendidik dan tenaga kependidikan dengan menghadrikan beragam paket kebijakan, terang dia dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Rabu (6/10).

Salah satu kebijakan tersebut adalah relaksasi penggunaan Dana BOS sehingga bisa digunakan untuk membayar guru-guru honorer. Lalu, pihaknya juga memberikan bantuan subsidi upah untuk pendidik dan tenaga kependidikan non PNS.

Kami memberikan opsi bagi guru untuk menerapkan kurikulum darurat yang lebih ramping sederhana, tuturnya.

Kemudian, diberikan juga modul pembejalaran di masa khusus ini untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit akses internet. Pengembangan platform Guru Belajar dan Berbagi juga menjadi upaya peningkatan kompetensi guru.

Selain itu kami berusaha meningkatkan kesejahteraan guru dengan menyelenggarakan seleksi guru ASN-PPPK dengan afirmasi bagi pelamar yang sudah memiliki sertifikat pendidik yang berusia lebih 35 tahun, penyandang disabilitas dan berasal dari THK-2 dan aktif mengajar paling tidak tiga tahun, ujarnya.

Jadi, saat ini para guru diminta untuk dapat tetap mengajar sepenuh hati. Diharapkan pandemi pun berlalu dan kegiatan pembelajaran kembali seperti semula.

Bagi kami di Kemendikbudristek setiap hari adalah hari guru. Karena ibu dan bapak guru tidak pernah berhenti mendidik anak-anak kita kami juga berupaya terus memberikan pelayanan terbaik bagi para guru dari sabang-merauke. Selamat hari guru, tutup Nadiem.

Artikel Asli