Kembangkan Wisata Kampung Pelangi, Gagas Track  Sepeda di Tambak Garam

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:13
Kembangkan Wisata Kampung Pelangi, Gagas Track  Sepeda di Tambak Garam

JawaPos.com- Musim kemarau selalu menjadi angin segar bagi para petani garam di Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya. Selasa (5/10) kemarin, mereka kembali panen raya garam. Sebanyak 20 ton garam berhasil didapat. Hasil panen itu disalurkan ke sebuah pabrik pengelolaan garam di kawasan Kalianak.

Sejak April sampai sekarang, panen sudah terjadi enam kali, ujar pemilik tambak garam Heri Susanto. Dia mengaku memiliki 20 hektare tambak garam. Nah, setiap hektare menghasilkan sebanyak 1 ton garam.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro cukup kaget dengan hasil panen garam di lingkungan wilayah kerjanya. Walau hanya menggunakan peralatan sederhana, garam yang dihasilkan mereka sangat banyak.

Dia mengungkapkan, bantuan diberikan untuk meningkatkan perekonomian petani garam. Seperti memberikan bantuan terpal sesuai yang dibutuhkan. Lalu, mendorong mereka menjadi wirausaha dengan memberikan berbagai pelatihan.

Selain itu, pihaknya telah merencanakan untuk menjadikan area tambak garam sebagai wisata edukasi. Nantinya, para pengunjung bisa belajar mengolah garam langsung dari petaninya.

Wisata edukasi merupakan rangkaian dari pengembangan wisata Kampung Pelangi Sontoh Laut (Kapsol) dan menara pandang Sontoh Laut, jadi desain sudah ada. Dalam waktu dekat, jalur sepeda di sini (tambak garam) akan dibuat, ujarnya. (ian/c17/ady)

Artikel Asli