Orang Nomor Satu di TNI AL Terima Wing Kehormatan dari Angkatan Udara

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:20
Orang Nomor Satu di TNI AL Terima Wing Kehormatan dari Angkatan Udara

JAKARTA - Orang nomor satu di TNI AL yakni Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, menerima Wing Kehormatan dari Angkatan Udara. Selain Yudo, tiga tokoh lainnya juga menerima Wing Kehormatan yang sama.

Tiga tokoh itu adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Bersama KSAL, tiga tokoh itu menerima penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Mengutip keterangan Dinas Penerangan TNI AL yang diterima Koran Jakarta, Rabu (6/10), Brevet Wing Kehormatan Penerbang ini disematkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Penyematan Wing dilakukan di Apron Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Selasa (5/10).

"Penerimaan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I ini tertuang dalam Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep 321/IX/2021 tentang Pemberian Hak untuk Menerima dan Memakai Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara yang ditandatangani langsung oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo," kata Dispen TNI AL.

Sebelum pelaksanaan penyematan brevet, lanjut Dispen TNI AL, para pejabat penerima Wing Kehormatan Penerbang melaksanakan terbang tandem dengan didampingi oleh penerbang TNI AU. Terbang tandem ini menggunakan pesawat tempur T-50i Golden Eagle berlangsung selama satu jam. KSAL pada kesempatan itu mengudara menggunakan pesawat tempur nomer TT-5005 didampingi Pilot Kapten Pnb Stevia Andi K berada di pesawat (Golden-4).

"Penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang diberikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa dan kerja sama, serta dukungan yang diberikan selama ini dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Dispen TNI AL.

Turut hadir pada prosesi penyematan brevet Wing Kehormatan Penerbang ini, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Wakasau Marsda TNI A Gustaf Brugman, Asops KSAL Laksda TNI Dadi Hartanto, Aspers KSAL Laksda TNI Irwan Achmadi, dan Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, serta pejabat lainnya.

Artikel Asli