Komnas Haji Minta Menag Segera Lobi Saudi

Nasional | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:14
Komnas Haji Minta Menag Segera Lobi Saudi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj mengatakan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas seharusnya memanfaatkan momentum turunnya kasus Covid-19 di Indonesia untuk melobi pemerintah Arab Saudi.

"Melihat fenomena ini Menteri Agama semestinya perlu bertindak lebih cepat dan gesit menyikapi hal ini," kata Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj saat dihubungi Republika , Rabu (6/10).

Mustolih yang juga Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini menyarankan, Menteri Agama Yaqut tidak perlu harus menunggu akhir tahun untuk melobi pihak Arab Saudi. Karena kondisi saat ini adalah momentum terbaik untuk memberikan fakta melobi kerajaaan, serta meyakinkan Yang Mulia khadimul haramain (penjaga dua tanah haram) Raa Arab Saudi.

"Sebab kabar yang berkembang, Menag baru akan ke Arab Saudi pada akhir tahun nanti," katanya.

Menurutnya, jika informasi ini benar, sangat disayangkan, karena dikhawatirkan momentum tren covid -19 yang terus menurun ini akan berlalu begitu saja. Padahal kondisi sekarang adalah momen emas sebagai bahan diplomasi.

"Pasalnya, berdasarkan ulasan para ahli ada potensi ancaman gelombang ketiga penularan Covid-19 di akhir tahun nanti," katanya.

Artikel Asli