Puan Maharani: Jangan Sampai Datangkan Masalah, Prokes PON XX Papua Harus Dievaluasi

Nasional | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:04
Puan Maharani: Jangan Sampai Datangkan Masalah, Prokes PON XX Papua Harus Dievaluasi

RMOL.Setidaknya terdapat 29 peserta PON, baik atlet, ofisial dan panitia yang terpapar virus Corona. Mereka tersebar di 4 kluster PON 2021 yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Jayapura.

Peserta PON yang terpapar Covid-19 mayoritas mengalami gejala ringan. Satu dari 29 di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan satu menjalani isolasi mandiri.

Sisanya dirawat di dua kapal milik Pelni dan sejumlah rumah sakit.

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar ada evaluasi protokol kesehatan dalam penyelenggaraan PON XX Papua. Hal ini menyusul ditemukannya kasus Covid-19 pada peserta PON.

Harus ada evaluasi protokol kesehatan pada PON XX Papua. Kita tidak ingin keselamatan rakyat dipertaruhkan karena kurang optimalnya pelaksanaan Prokes, kata Puan lewat keterangan tertulisnya, Rabu (6/10).

Mantan Menko PMK ini meminta penyelenggara segera melakukan isolasi terhadap peserta PON yang terindikasi positif Corona.

Putri Megawati Soekarnoputri itu juga mengingatkan pentingnya akurasi pelacakan serta sterilisasi untuk mencegah meluasnya penyebaran virus.

Jangan sampai pelaksanaan pesta olahraga ini mendatangkan masalah bagi masyarakat, khususnya rakyat Papua sebagai tuan rumah yang dengan tangan terbuka membuka pintu terhadap pelaksanaan PON, ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengimbau kepada masyarakat agar bekerjasama untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 selama pelaksanaan PON XX.

Temukan apa yang salah hingga muncul cukup banyak kasus Covid-19. Semua pihak harus bergotong royong mencari solusi untuk menghindari semakin banyaknya peserta PON yang terpapar Corona, tutupnya. []

Artikel Asli