Dewan Dorong Desa di Kabupaten Serang Kembangkan Potensi Wisata

Nasional | bantennews.co.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:01
Dewan Dorong Desa di Kabupaten Serang Kembangkan Potensi Wisata

KAB. SERANG Terpilihnya Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di Kabupaten Serang untuk mengembangkan potensi wisata di desanya.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Sujai A Sayuti mendorong desa-desa yang lain untuk memaksimalkan potensi yang ada di desa-desanya.

Saya berharap itu ada anggaran khusus bahkan dari pihak eksekutif bagaimana memberikan edukasi dan tatanan lebih maksimal lagi kepada para kepala desa untuk lebih mengalokasikan anggaran melalui dari Pemda ataupun dari desa-desa tersebut untuk bisa membangun desanya. Kalau anggaran Desa itu dioptimalkan secara maksimal saya yakin desa-desa yang ada di Kabupaten Serang ini akan lebih maju dan lebih optimal, ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desa tersebut, maka nantinya dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Paling tidak kalau desa wisata itu maju masyarakat setempat bisa berjalan, hasil buminya bisa dijual di situ atau mungkin bisa membuat pelaku-pelaku UMKM kerajinan dan sebagainya bisa dijual di situ dan tidak harus dijajakan di perkotaan karena pengunjung dari kota akan datang ke desa tersebut, ucapnya.

Namun untuk memaksimalkan potensi desa dan mendorong minat pengunjung untuk ke desa tersebut juga dibutuhkan peran dari semua masyarakat tak hanya dari pihak Pemda, kepala desa, dan perangkat desa.

Kalaupun masyarakat atau umpamanya dorongannya kencang insya allah itu bisa berjalan tapi kalau tidak ada dorongannya bagaimana bisa. Harapan kita di desa, tidak harus kepala desa mampu punya urusan pariwisata tapi kalau umpamanya mereka punya sesuatu yang baik tentang itu saya yakin bisa, katanya.

(Nin/Red)

Artikel Asli