Tarik Ulur Pemilu 2024, Pimpinan Komisi II Usul Ketum Parpol Gelar Pertemuan

Nasional | rmol.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:47
Tarik Ulur Pemilu 2024, Pimpinan Komisi II Usul Ketum Parpol Gelar Pertemuan

RMOL.Ketua umum partai politik disarankan menggelar pertemuan khusus untuk mencari jalan tengah jadwal pencoblosan Pemilu Serentak 2024.

Usulan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saat Mustopa. Sebab hingga saat ini, Komisi II bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu belum bisa memutuskan jadwal pencoblosan.

"Kami mendorong pimpinan partai politik ini untuk bisa ketemu," ujar Saan Mustopa di Gedung Kura-kura, Senayan, Jakarta, Rabu (6/10).

Menurutnya, agenda penting seperti pemilu serentak ini memang seyogyanya dibahas bersama-sama agar segera ada kepastian tanggal pelaksanaan pencoblosan.

"Karena ini menyangkut agenda nasional dan penting, agenda demokrasi, agenda politik, kita ingin merumusnya ini secara bersama-sama," terangnya.

Masih ada beda usulan antara pemerintah yang mengusulkan pencoblosan digelar 15 Mei. Sementara, KPU RI mengusulkan tanggal 21 Februari.

Pada usulan pemerintah, hanya empat fraksi yang menyatakan mendukung dan tidak masalah dengan usulan pemerintah. Keempatnya adalah Fraksi Partai Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra dan Fraksi PAN.

Sementara Fraksi PDI Perjuangan Fraksi PPP, Fraksi PKS, Fraksi PKB, Fraksi Demokrat menyatakan keberatan dan memberikan sinyal mendukung usulan KPU. []

Artikel Asli