Kalau Emang Tau Beking Azis Syamsuddin Di Kuningan Novel Baswedan Diminta KPK Lapor

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:11
Kalau Emang Tau Beking Azis Syamsuddin Di Kuningan Novel Baswedan Diminta KPK Lapor

Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku tahu orang-orang di komisi antirasuah yang jadi "orangnya" mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. KPK meminta Novel melapor.

"Bagi pihak-pihak manapun yang mengetahui informasi dugaan pelanggaran etik insan KPK agar bisa melaporkan aduannya ke Dewan Pengawas (Dewas)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (6/10).

Ali mengatakan pihaknya maupun Dewan Pengawas (Dewas) KPK tidak bisa menindaklanjuti tudingan Novel jika informasi itu hanya dibeberkannya media sosial. Novel diminta datang untuk memberikan laporan resmi. "Dengan dilengkapi bukti-bukti awal yang valid," imbuhnya.

Jubir berlatarbelakang jaksa ini berharap, Novel bisa memberikan bukti. Diingatkannya, penegakkan etik di KPK harus didasarkan pada bukti dan fakta. "Bukan dari opini yang belum tentu valid kesahihannya," tandas Ali.

Sebelumnya, Azis Syamsuddin disebut Sekda Tanjungbalai Yusmada di persidangan, punya delapan orang di KPK.

Novel mengaku sudah mengetahui hal tersebut. Dia mengklaim merupakan orang pertama yang melaporkan permainan kotor mantan Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Saat mengetahui tindakan Robin, Novel tidak percaya dia bermain sendiri. "Yang ungkap kasus ini adalah tim saya," kata Novel di akun Twitter @nazaqistsha, Rabu (6/10).

Novel tidak memerinci nama-nama orang yang diduganya membantu Robin. Namun, dia yakin orang-orang itu terafiliasi dengan Azis Syamsuddin. Nama-nama itu diklaim sudah dilaporkannya ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. "Saya juga sudah laporkan masalah tersebut ke Dewas, tetapi tidak jalan," cuitnya. [OKT]

Artikel Asli