Pemko Padang Lakukan Pengawasan Cegah Peredaran Daging Babi Oplosan

Nasional | minangkabaunews.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:56
Pemko Padang Lakukan Pengawasan Cegah Peredaran Daging Babi Oplosan

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG Dinas Pertanian Kota Padang meningkatkan pengawasan di semua pasar tradisional mengantisipasi potensi munculnya peredaran daging babi yang disulap jadi sapi.

Meski di Padang sejauh ini peredaran daging babi di pasar tradisional belum ditemukan kecuali di Pasar Tanah Kongsi yang dagingnya berasal dari RPH Lubuk Buaya.

Tetap harus diwaspadai. Mudah-mudah, dengan dilakukan pengecekan rutin, hal seperti itu bisa dihindari dan jangan ada lagi yang menjual sate Babi dan menjual daging oplosan, kata Kadis Pertanian Padang, Syahrial Kamat, saat diseminasi informasi Kominfo Balaikota Padang, Rabu (6/10/2021).

Kita turun ke pasar tradisional satu kali sebulan. Kalau urgent baru kita libatkan satgas pangan, terangnya.

Selain itu, pihaknya telah menyarankan pihak Disnakan Padang untuk melakukan pengecekan sebelum daging tersebut didistribusikan ke semua pasar yang ada di Padang.

Sebelum masuk ke kios, dicek dulu sama Disnakan. Jadi nantinya pengecekan itu meliputi harga hingga sumber dagingnya dari mana, ucapnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga melakukan pengecekan bersama Satgas Pangan ke semua pasar untuk memastikan bahwa semua pasar di Padang aman dari peredaran daging babi.

Artikel Asli