9 Fakta menarik film Dune, pakai kapal asli dan seribu kostum

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:42
9 Fakta menarik film Dune, pakai kapal asli dan seribu kostum

Brilio.net - Dune merupakan film fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel judul novel yang sama karya Frank Herbert pada 1965. Film ini mengisahkan pertarungan berbahaya di planet Arrakis, planet gurun pasir yang punya berbagai misteri yang belum terpecahkan.

Film yang disutradarai oleh Denis Villeneuve film adaptasi kedua dari novel ini setelah film pertamanya pada 1984 dianggap gagal. Film ini diharapkan hadir lebih segar dan tentu saja lebih menarik. Apalagi, film ini banyak dibintangi oleh para pemain yang sedang naik daun.

Dune ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Venesia ke-78 pada 3 September 2021. Film ini direncanakan akan segera hadir di Indonesia pada 23 Oktober 2021. Nah, sebelum film tersebut tayang, ada beberapa hal menarik selama proses produksi film Dune dilakukan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (6/10), berikut 9 fakta film Dune, pakai kapal asli dan seribu kostum.

1. Dune diperankan oleh bintang Hollywood.

foto: imdb.com

Film Dune dipastikan akan diperankan oleh para pemain Hollywood terkenal seperti Timothe Chalamet dan Josh Brolin hingga Oscar Isaac, Jason Momoa, dan juga Zendaya yang dikenal melalui Spider-man Homecoming. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan konflik antar sesama pemain saat proses syuting berlangsung. Bagi semua pemain, yang ingin mereka lakukan hanya untuk kesuksesan film yang mereka perankan.

2. Menggunakan efek CGI yang relatif sedikit.

foto: imdb.com

Salah satu daya tarik film Dune di antaranya adalah penggunaan teknologi CGI yang relatif sedikit. Pengambilan gambar sebagian besar dilakukan secara langsung dan membutuhkan keberanian para pemain. Efek CGI hanya digunakan saat memanipulasi ratusan pemanen rempah-rempah atau cacing pasir.

3. Denis Villeneuve menangis karena penampilan Timothe Chalamet.

foto: imdb.com

Saat wawancara bersama Colbert, Villeneuve selaku sutradara film ini mengaku menangis saat penampilan Timothe Chalamet yang berperan sebagai Paul Atreides. Ia terharu karena merasa sudah memilih aktor yang tepat untuk karakter tersebut.

4. Memakai kapal asli.

foto: imdb.com

Dalam sebuah wawancara bersama OSSA Movies, Paul Lambert menjelaskan bahwa kapal yang hadir dalam film ini adalah kapal asli yang dibangun di bukit tertinggi di Budapest, Hungaria. Kehadiran kapal tersebut membuat adegan yang dilakukan di dalamnya adalah gambar asli tanpa bantuan efek visual.

5. Interior film menggambarkan budaya di Arrakis, planet gurun fiksi.

foto: imdb.com

Walaupun ini adalah film fiksi, tapi semua penampakan dibuat mendekati realitas. Salah satunya adalah penataan interior film yang menggambarkan budaya di Arrakis. Interior tersebut berisi satu lukisan dinding besar yang menampilkan cacing pasir.

6. Stellan Skarsgrd menghabiskan 80 jam di kursi rias.

foto: imdb.com

Stellan Skarsgrd tampil sebagai Vladimir Harkonnen, seorang mantan pelayan Arrakis dengan perawakan gemuk. Perawakannya tersebut menunjukkan keserakahan, kemegahan, dan kekuasaan. Dalam sebuah wawancara dengan IndieWire, ia harus menghabiskan 80 jam di kursi rias selama produksi film ini demi perannya tersebut.

7. Perlu seribu kostum untuk film ini.

foto: imdb.com

Film ini memerlukan seribu kostum selama proses produksi. Hal ini diakui oleh Jacqueline West dan Bob Morgan sebagai perancang kostum. Mereka merancang seribu kostum lebih yang mengambil inspirasi dari mitologi Yunani dan Romawi.

8. Hans Zimmer jadi komposer musik film Dune.

foto: imdb.com

Seperti yang dilansir dari Variety, Hans Zimmer melakukan hal berbeda sama sekali untuk musik film ini. Zimmer berhasil menciptakan aransemen baru untuk paduan suara musik ini. Selain itu, produksi bersama paduan suara tersebut dilakukan pada masa pandemi yang membuatnya sedikit repot untuk mengerjakannya.

9. Lokasi syuting dilakukan di padang pasir Yordania.

foto: imdb.com

Arrakis dalam film ini merupakan planet padang pasir yang paling kering dan tidak dihadirkan dengan efek CGI. Para pemain dan semua kru melakukan proses syuting di padang pasir Yordania yang luar selama berbulan-bulan dan terik matahari.

Artikel Asli