Tidak Punya Pabrik Vaksin, Indonesia Tembus Peringkat 5 Vaksinasi Dunia

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:46
Tidak Punya Pabrik Vaksin, Indonesia Tembus Peringkat 5 Vaksinasi Dunia

Tingkat vaksinasi di Indonesia telah mencapai 94 juta dosis pertama, yang menurut keterangan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin masuk peringkat kelima dunia.

Sebelumnya, Indonesia menduduki posisi keenam peringkat vaksin dunia. Sampai saat ini, Indonesia menyalip capaian vaksinasi Covid-19 Jepang dari sisi jumlah orang yang telah disuntik.

"Indonesia ada di ranking kelima dunia, kita naik satu tingkat karena menyusul Jepang yang ada di kisaran 80-an juta orang," kata Budi dalam jumpa pers via kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/10).

Sementara, jumlah dosis yang telah dipakai, Indonesia menempati urutan keenam dunia. Menkes menyebut 148 juta dosis vaksin Covid-19 yang telah digunakan Indonesia sejak Januari 2021.

Budi mengatakan, Indonesia sudah menerima 222 juta dosis vaksin Covid-19 hingga saat ini. Ia mengklaim stok vaksin Covid-19 Indonesia memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Total stok ada di kita di kisaran 70 jutaan, masih cukup banyak. Kita terus membicarakan bagaimana percepatan vaksinasi ini," ujar Budi.

Rujukan situs Johns Hopkins University & Medicine, Indonesia menempati urutan ketujuh capaian vaksinasi Covid-19. Tidak sama dengan Pemerintah Indonesia, situs itu hanya mulai menghitung jumlah orang yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Dalam catatan Johns Hopkins University & Medicine Indonesia berada di urutan keenam dalam soal jumlah dosis vaksin Covid-19 yang telah terpakai. Jika dilihat dari sisi presentase populasi yang sudah divaksin, Indonesia berada di posis ke-103 dengan capaian 19,33 persen populasi.

Artikel Asli