DPR Siap Bantu TNI Perkuat Pertahanan Negara

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:30
DPR Siap Bantu TNI Perkuat Pertahanan Negara

Anggota Komisi I DPR, Rizki Aulia Natakusumah mengatakan, TNI tidak boleh menyerah dalam menghadapi permasalahan pertahanan negara saat ini.

Menurut dia, DPR bakal terus membantu TNI menciptakan sistem pertahanan yang memadai menghadapi ancaman terkini. "Besar harapan rakyat Indonesia kepada TNI yang berkarakter kuat dan kreatif mencari peluang yang bisa mendongkrak kualitas pertahanan kita," kata Rizki, Rabu (6/10).

Dia bilang, Indonesia masih lemah dalam menyikapi lingkungan militer yang sangat strategis dan dinamis. Saat ini, lanjutnya, jiwa ksatria TNI tengah diuji dengan beragam kelemahan mendasar. Karenanya, korps Baju Loreng itu membutuhkan sosok pemimpin yang mampu menyelesaikan permasalahan di tubuh TNI, tanpa menimbulkan masalah lain di jabatan-jabatan sipil.

"Masih ada pekerjaan rumah besar bagi Panglima TNI selanjutnya untuk menyelesaikan masalah banyaknya perwira non-job. Jangan sampai masalah pengelolaan kuantitas SDM TNI melebar ke posisi-posisi sipil," ungkap politisi partai Demokrat itu.

Dia mengingatkan, TNI harus menghormati demokrasi dan perjuangan reformasi. Jangan sampai dwifungsi ABRI yang telah dihapuskan sejak era reformasi kembali muncul.

"Kita tidak mau progres yang sudah dicapai negara hingga saat ini mundur puluhan tahun ke belakang, karena TNI tidak mampu menyelesaikan masalah terlalu banyaknya perwira yang tak memiliki jabatan," papar dia.

Diketahui, pada 5 Oktober kemarin, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76. Adapun tema peringatan HUT ke-76 TNI pada 2021 ini adalah Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang. Peringatan HUT ini dirayakan salah satunya di sekitar Istana Merdeka Jakarta. TNI memamerkan 12 alat utama sistem persenjataan (alutsista). [ UMM ]

Artikel Asli