Rusia Segera Syuting Film Perdana di Luar Angkasa

Nasional | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:15
Rusia Segera Syuting Film Perdana di Luar Angkasa

IHRAM.CO.ID, BAIKONUR -- Rusia meluncurkan seorang aktris dan sutradara ke luar angkasa untuk proses syuting. Mereka berhasil terbang dengan roket menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa (5/10) pagi dari kosmodrom Rusia di Baikonur, Kazakhstan.

Aktris Rusia Yulia Peressild (37) dan sutradara Klim Chipenko (38), ditemani oleh kosmonot veteran Anton Shkaplerov memulai misi 12 hari untuk proses syuting di orbit. Film berjudul 'The Challenge' ini menceritakan tentang seorang dokter yang memiliki misi menyelamatkan seorang kosmonot.

Selama konferensi pers yang digelar pada Senin (4/10), sutradara dan aktris Yulia Peressild tampak santai. Menurut Chipenko, yang akan mengoperasikan kamera, tata rias, dan pencahayaan mengatakan, film perdana di luar angkasa ini akan menjadi eksperimennya.

"Saya tidak punya siapa-siapa untuk meminta nasihat. Saya tidak punya juru kamera untuk bertanya bagaimana cara memotret di bawah cahaya jendela," katanya.

Rusia telah tertinggal dalam persaingan luar angkasa global. Rusia kini ingin mendahului saingannya, Amerika Serikat, dengan pembuatan film di luar angkasa.

Film ini diharapkan dapat membantu memulihkan reputasi badan antariksa Rusia Roscosmos, yang telah ternoda oleh skandal korupsi, kegagalan serial, dan hilangnya monopoli yang menguntungkan pada penerbangan berawak ke ISS berkat Space-X milik Elon Musk.

"Bagi Roscosmos, ini adalah pertanyaan tentang kemenangan atas NASA dan Space X dan mengalihkan perhatian dari masalah-masalahnya," kata ilmuwan politik Konstantin Kalachev kepada AFP.

Artikel Asli