Pidie Masih Level 4 PPKM, Sudah 77.042 Warga Aceh Disuntik Vaksin Tahap Dua

Nasional | acehsatu.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 10:53
Pidie Masih Level 4 PPKM, Sudah 77.042 Warga Aceh Disuntik Vaksin Tahap Dua

ACEHSATU.COM [ BANDA ACEH - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Aceh kembali berlaku hingga 18 Oktober 2021 namun masih ada satu kabupaten di Aceh yang berstatus level IV yakni kabupaten Pidie, sementara sisanya level 1, 2 dan 3. Selain itu, Pemerintah Aceh dan daerah terus menggalakkan warga agar melakukan suntik vaksin untuk mencegah penyebaran covid. Sampai saat ini warga Aceh yang sudah disuntik vaksin mencapai 77.042 orang.

Alhamdulillah para vaksinator terus bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, ujar Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, Selasa (5/10/2021)

Dirincikan Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr Iman Murahman, warga yang suntik vaksin di Banda Aceh bertambah 342 orang dengan rincian sebanyak 139 disuntik vaksin dosis 1, dan 175 disuntik vaksin dosis 2. Sementara 7 lainnya disuntik vaksin tahap pertama, oleh mereka yang tertunda suntik pada screaning beberapa waktu lalu.

Selain mereka ada 28 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin dosis 3, dengan bertambahnya 342 orang yang divaksin pada vaksinasi hari ke 76 tahap kedua ini, tercatat sebanyak 77.042 warga Aceh telah divaksin, ujar Imam.

Pidie Level 4

Pejabat Eselon II
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto. Dok Humas Aceh

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh juga menjelaskan, berdasarkan intruksi Mendagri Nomor 48 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, 2 dan 1 serta mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa untuk pengendalian penyebaran covid-19 di Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi Maluku dan Papua. Terdapat tiga kabupaten kota di Aceh yang berada di level 1 PPKM.

Daerah dengan situasi membaik itu, yakni Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Utara, dan Kota Subulussalam, ujarnya.

Selain tiga wilayah dengan level 1 lanjut Iswanto, juga terdapat 13 wilayah lainnya yang berada di level 2 PPKM yakni Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Pidie Jaya, Kota Sabang, Lhokseumawe, dan Langsa. Sedangkan PPKM level tiga yakni Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Besar, Simeulue, Gayo Lues, dan Banda Aceh.

Untuk PKKM level 4 hanya berlaku untuk satu Kabupaten saja, yaitu Pidie, ujar Iswanto lagi.

Iswanto menyebutkan, data terbaru tersebut menunjukkan perkembangan positif terkait penanganan Covid-19 di Aceh. Selain itu, Iswanto juga menyampaikan harapan pemerintah Aceh kepada seluruh masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari serta menyukseskan vaksinasi. Hal itu diharapkan menjadi pintu awal menuju kekebalan kelompok sehingga pandemi ini dapat berlalu.

Semakin tinggi persentase capaian vaksinasi suatu kabupaten/kota akan berpengaruh positif terhadap penurunan level PPKM, demikian . Hal ini sesuai yang diatur dalam INMENDAGRI No. 48 Tanggal 4 Oktober 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat luar Jawa Bali, ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Ace, Iswanto (*)

Artikel Asli