Empat Cabor Tambah Lima Medali

Nasional | radarjogja | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 10:49
Empat Cabor Tambah Lima Medali

RADAR JOGJA Lima medali diraih kontingen DIJ di hari keempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kemarin (5/10). Kelima medali itu masing-masing disumbangkan oleh empat cabang olahraga (cabor) yakni panahan, renang artistik, catur, dan taekwondo.

Bertanding di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, tim panahan DIJ berhasil meraih dua medali, perak dan perunggu. Perak disabet duo kakak beradik Titik Kusumawardani dan Hendra Purnama di nomor recurve mix team. Di partai final, mereka kalah dari pemanah Jawa Timur Deananda Choirunisa dan Riau Ega Agata Salsabila.

Sedangkan medali perunggu diraih tim recurve beregu putra yang diperkuat Arif Dwi Pangestu, Hendra Purnama, dan Okka Bagus Subekti. Mereka mengandaskan tim Jatim yang diwakili Irvaldi Ananda Putera, Rahmat Panjiaji Bukhori, dan Riau Ega Agata.

Meski menargetkan emas, Pelatih Panahan DIJ Subarno bersyukur atas hasil yang didapat kemarin. Dia menilai anak asuhnya sudah tampil maksimal saat berhadapan dengan tim kuat Jatim.

Subarno menyebut, salah satu penyebab kekalahan timnya karena DIJ selalu tertinggal di sesi pertama alias telat panas. Kekalahan Titik dan Hendra karena tertinggal di awal. Tim recurve putra juga sama sempat tertinggal di sesi pertama, ujar Subarno.

Beruntung Arief Dwi cs bisa bangkit di sesi ketiga dan menang 6-2. Ya alhamdulillah pagi ini (kemarin, Red) kami mendapatkan medali pertama di nomor recurve beregu, tambah Subarno.

Hari ini tim panahan berpeluang menambah perbendaharaan medali. Lewat tim compound beregu putra atas nama Baihaqi Mustafa, Frederico Rifqi, dan Prima Wisnu Wardhana. Serta tim compound beregu campuran yang diperkuat Odila Zaneta Nur Prasetejo dan Prima Wisnu Wardhana.

Selain panahan, kemarin satu medali perak juga dipersembahkan atlet renang artistik Nabilah Marwa Khairunnisa Umarella. Pada PON XX Papua, Lala, sapaannya, turun di nomor open solo dengan masing-masing mencatat skor 352.602 di nomor technical routine dan di nomor free routine mengemas skor 361. Dengan total mengumpulkan skor 713.602. Pada nomor ini, medali emas disabet Livia Lukito dari Jawa Timur dengan raihan 724.986 dan medali perunggu didapat Nurfa Nurul Utami asal Sulawesi Selatan dengan 711.300.

Sempat down di sesi pertama, Lala akhirnya bangkit di penampilan keduanya. Itu tak lepas dari dukungan sang pelatih yang tak henti-hentinya memberi semangat di venue pertandingan. Awalnya down, karena saya ngerasa kurang puas tapi terus mencoba tenang dan berpikir untuk nari saja. Alhamdulillah dapat medali, beber Lala dengan bangga.

Yang pasti, Lala sangat senang dengan hasil pertandingan kemarin. Ke depan ia berjanji akan berusaha lebih keras untuk meraih hasil terbaik. Senang bisa bantu sumbang medali untuk DIJ. Tapi masih banyak lagi yang harus dikerjain dan banyak PR, paparnya.

Kegembiraan juga dirasakan pelatih renang artistik Rosa Palmastuti. Selain puas atas hasil itu, Ocha, sapaannya, senang karena target di PON kali ini tercapai. Ini sesuai target. Karena saat ditanya KONI DIJ target apa, saya jawab minimal sama seperti Pra-PON. Bahkan di solo free Lala peringkat tujuh. Jadi kalau diakumulasi, ada kenaikan, ungkapnya.

Medali perunggu juga dipersembahkan atlet taekwondo DIJ Raden Odo Prabangkat. Perunggu didapat setelah kalah dari pecatur Jawa Tengah di kelas under 54 kilogram putra. Kemudian di klaster Merauke, pecatur DIJ Muhammad Kahfi sukses menyabet perunggu di nomor catur kilat perorangan putra. Di nomor itu, total Kahfi menyelesaikan sembilan babak dengan mengemas 6,5 poin.

Di klaster Mimika, medali perunggu berhasil disumbangkan atlet biliar Wisnu Eko Marsudi dan Agus Deser Efendi. Kepastian medali diperoleh setelah mereka kalah dari Sulawesi Selatan di semifinal.

Di sisi lain, tambahan lima medali kemarin tidak membuat posisi Jogjakarta beranjak dari posisi bawah klasemen sementara PON XX Papua 2021. Berada di posisi 25 dengan mengemas lima perak dan sembilan perunggu. (ard/laz)

Artikel Asli