Lima Hari Dilanda Banjir, Ratusan Rumah di Paser Masih Terendam

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:48
Lima Hari Dilanda Banjir, Ratusan Rumah di Paser Masih Terendam

apahabar.com, BALIKPAPAN Sejumlah wilayah Kabupaten Paser, Kaltim, masih dilanda banjir hingga hari ini, Rabu (6/10).

Akibatnya lima hari sudah aktivitas warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Paser lumpuh akibat terjangan banjir tersebut.

Banjir tersebut terjadi akibat intensitas hujan yang tiada henti sehingga membuat Sungai Kandilo dan Sungai Sakerau meluap. Alhasil ratusan rumah terendam banjir.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser, saat ini banjir terjadi di empat kecamatan yakni Long Ikis, Muara Komam, Batu Sopang dan Long Kali.

Iya, sudah empat kecamatan ini yang terdampak. Air masih tinggi sampai setinggi ventilask rumah warga sudah, ujar Anggota BPBD Paser, Hendry Tham melalui saluran telepon.

Belum diketahui pasti berapa jumlah rumah yang terdampak dan warga yang diungsikan akibat banjir tersebut. Namun dari catatan terakhir BPBD Paser, sebanyak 230 unit rumah terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter.

Masih pendataan ini pak, soalnya kawatir ada tiga kecamatan lain yang kemungkinan terdampak. Ini kami semua pada siaga, katanya.

Para personel pun telah ditempatkan di masing-masing wilayah terdampak untuk membantu proses evakuasi warga. Hingga saat ini situasi masih terus dilanda banjir.

Semua personel di kantor habis untuk membantu penanganan dan evakuasi. Ada juga dari Samarinda yang tiba hari ini membantu dan bawa sembako, ungkapnya.

Artikel Asli