Malam Spesial Ngaji Rutin PW MDS Riyadul Ansor Jatim, Sambut Maulid Nabi dan Hari Santri

Nasional | jatimtimes.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:08
Malam Spesial Ngaji Rutin PW MDS Riyadul Ansor Jatim, Sambut Maulid Nabi dan Hari Santri

JATIMTIMES - Pengurus Wilayah (PW) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jawa Timur (Jatim), terus istiqamah melakukan ngaji rutin bulanan. Ngaji rutinan itu pun diisi dengan ngaji kitab Riyadlu Akhlaqi As Sholihin.

Kali ini, acara digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Madrasatul Quran Al-Makkiyah, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Madura. Acara dikemas dengan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut, Habib Achmad Edrus Al-Habsyi, RKH. Nasih Aschal Pengasuh Ponpes Syaichona Moh. Cholil, KH. Makki Nasir Ketua PC NU Kab. Bangkalan, RKH. Moh. Karror Aschal dan Ra Humron Pengurus Pusat (PP) Rijalul Ansor.

Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Al Makkiyah Makky Al Hamid (Gus Makki) menyampaikan, sangat merasa terhormat dan bahagia dengan acara yang digelar di Pondok pesantren Madrasatul Al Makkiyah. Sebab adanya acara ini akan memberikan semangat baru bagi para santri.

"Saya merasa terhormat dan bahagia sekali, semoga ini menjadi lecutan semangat bagi santri-santri, terutama saya pribadi. Tidak lupa harapan barokah para Habib, Gawagis, Lora, dan seluruh tamu undangan yang hadir," tutur Gus Makky.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan KH. Makki Nasir (Ra Makki) mengatakan, dari kegiatan Rijalul Ansor ini, menjadi dorongan semangat di dalam berorganisasi di Nahdlatul Ulama. Khususnya para pemuda agar dalam berorganisasi selalu terorganisir dalam bergerak ditengah masyarakat.

"Seperti halnya, kegiatan Rijalul Ansor yang dilaksanakan di Bangkalan ini, akan menjadi kekuatan besar dalam memutus hal-hal negatif khususnya bagi kaula muda," kata Ra Makki dalam sambutannya, Selasa (5/10/2021) malam.

Meski organisasi sudah terprogram dan terorganisir dengan bagus dan massif di masyarakat, menurutnya masih harus diimbangi dengan kontrol manajemen organisasi yang kuat dan jelas. Sebab, jika tidak demikian, maka akan membahayakan organisasi itu sendiri.

"Harapan kami, mari perkuat organisasi kita dengan kontrol manajemen organisasi yang kuat, dan betul-betul menjadi satu komando, mudah-mudahan dengan adanya acara ini, di Bangkalan khususnya dan Jawa Timur pada umumnya, bisa menerapkan nilai-nilai leluhur pendiri organisasi, dan bisa menjaga nilai-nilai Islam Ahlusunnah Waljamaah serta bisa tercapai dengan sempurna dan barokah," tegas Ra Makki.

Dalam kesempatan tersebut, KH. Nailur Rohman (Gus Amak) selaku Ketua MDS PW Ansor Jatim mengatakan, bahwa kegiatan ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dihelat setiap hari Selasa awal bulan, dengan mengaji kitab Riyadlu Akhlaqi As Sholihin.

Namun, pada kesempatan kali ini, Gus Amak menyebutkan, bahwa sebenarnya ngaji rutin kitab Riyadlu Akhlaqi As Sholihin ini, digelar di kantor PW Ansor Jatim. "Khusus malam ini, special moment, dimana kita juga menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyambut Hari Santri yang di gelar di Ponpes Madrasatul Quran Al-Makkiyah Burneh, Bangkalan," tutur Gus Amak, dalam sambutannya.

Menurut Gus Amak, malam ini merupakan malam muhabbah (rasa cinta) terhadap Rosulullah Muhammad SAW, yang mana pihaknya berharap dengan hadirnya kita malam ini, hubungan dengan Rosululloh semakin baik dan semakin dekat serta tidak terpisahkan.

"Mudah-mudahan kelak di akhirat, kita dilihat oleh Rosulullah, dipanggil dan bersama-sama Rosulullah," harapnya, ditengah-tengah santri dan para tokoh ulama' serta wali santri yang hadir.

Artikel Asli