Empat Anjuran Membayar Zakat

Nasional | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:47
Empat Anjuran Membayar Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hambanya adalah untuk mengeluarkan mengeluarkan zakat.

Maka bagi seorang Muslim yang telah memenuhi ketentuan wajib zakat untuk mengeluarkan zakatnya sesuai syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariat, baik itu zakat fitrah, zakat hasil profesi, zakat mal termasuk di dalamnya adalah zakat emas, perak dan logam mulia lainnya, perniagaan, hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta lainnya.

Berikut anjuran mengeluarkan zakat sebagaimana dapat ditemukan di dalam kitab at Targib wat Tarhib.

1.Zakat membersihkan dan mensucikan harta dari hak mustahiq .

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

Ambillah olehmu Muhammad dari sebagian hartanya orang-orang Islam yaitu zakatnya. Dengan zakat itu membersihkan dan mensucikan Muslim. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," (Alquran surat At Taubah ayat 103).

2. Zakat bagian rukun Islam.

: .

Rasulullah bersabda didirikan Islam atas lima pilar, yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusanNya, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa pada bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan Muslim).

3.Zakat menjaga harta.

Orang yang berzakat sejatinya tengah melindungi hartanya dari pemanfaatan yang sia-sia. Maka setiap harta yang dikeluarkannya untuk berzakat akan ditemukan ganjarannya di akhriat. Pada konteks bernegara, zakat telah terbukti mampu membentengi perekonomian suatu negara serta memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

: .

Rasulullah bersabda, bentengilah hartamu dengan zakat, dan obatilah orang-orang yang sakit dengan sedekah, dan hadapilah semua gelombang bencana dengan doa dan memohon serta merendahkan diri kepada Allah. (HR. Abu Dawud).

4.Zakat membawa pada kemajuan.

Zakat itu sejatinya menjadi jembatan yang mengantarkan Muslim menuju kejayaan. Dengan zakat dapat memajukan perekonomian bangsa dan mensejahterakan umat.

: .

Rasulullah bersabda, Sesungguhnya kesempurnaan Islam kalian ialah sebab kalian mengeluarkan zakat harta kalian. (HR. Bazzar)

: .

Rasulullah bersabda zakat itu adalah jembatan Islam (HR Thabrani).

Artikel Asli