Timnas Italia Buka Kemungkinan Pakai False 9 Kontra Spanyol

Nasional | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:49
Timnas Italia Buka Kemungkinan Pakai False 9 Kontra Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Timnas Italia diprediksi bakal memakai taktik 'False 9' saat menghadapi Spanyol di semifinal Nations League UEFA, Kamis (7/10) dini hari WIB. Dihelat di San Siro, skuad Gli Azzuri tidak ingin dipermalukan tim tamu saat tampil di depan pendukungnya sendiri.

Meski demikian, Italia bakal menggunakan inovasi taktik untuk menanggulangi stok pemain inti yang terbatas. Dalam laporan Football Italia , Rabu (6/10), dua striker andalan seperti Ciro Immobile dan Andrea Belotti dikabarkan absen karena cedera. Mau tak mau, Roberto Mancini harus mencari alternatif.

Giacomo Raspadori dan Moise Kean sebenarnya dapat menjadi opsi bagi Mancini. Akan tetapi, kurangnya pengalaman dua pemain itu membuat Mancini khawatir lini depan Italia justru tumpul.

Alhasil, taktik 'False 9' dapat menjadi opsi. Mancini akan memanfaatkan stok gelandang melimpah untuk dipasang sebagai penyerang. Pola itu sempat efektif dipakai Spanyol di Euro 2012 lalu.

Mancini bisa menurunkan Federico Chiesa sebagai ujung tombak. Pemain Juventus itu diklaim sudah terbiasa dipasang sebagai penyerang tengah, meski bukan berposisi sebagai striker.

Selain itu, Mancini juga bisa memanfaatkan Pellegrini yang aktif sebagai gelandang kreatif AS Roma. Hal serupa juga bisa diterapkan pada Domenico Berardi.

Dengan kehadiran Lorenzo Insigne, bukan tak mungkin pola serangan Italia tetap atraktif. Hal ini tak lepas dari dukungan distribusi bola yang dimotori Jorginho sebagai gelandang tengah.

Artikel Asli