Tes Antigen Massal, Puluhan Warga Madiun Positif Covid-19

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:25
Tes Antigen Massal, Puluhan Warga Madiun Positif Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur melakukan tes antigen massal yang menyasar 20 ribu jiwa sejak September 2021. Namun ironisnya, sebanyak 26 orang malah terinfeksi Covid-19.

Dinas Kesehatan Madiun mencatatkan hal yang lebih mencengangkan, bahwa dari 36 kasus tersebut ada 4 siswa SD, 5 murid SMP, dan seorang guru SMP positif Covid-19. Hal tersebut terungkap lewat screening sebelum melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Wali Kota Madiun, Maidi, mengungkapkan bahwa sisi positif screening sangat berguna untuk mengantisipasi penyebaran coronavirus.

"Dari temuan ini, skrining terbukti mengantisipasi sebaran kasus covid-19 di sekolah. Setelah ketahuan, tidak boleh masuk. Yang sehat tetap masuk sekolah," ujar Maidi.

Terkait PTM, Maidi mengungkapkan bahwa pihaknya memastikan untuk tetap berlanjut, tapi dengan dilakukannya evaluasi. Selain itu, temuan siswa dan guru yang positif Covid-19 sudah ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

"Diharapkan kasus itu merupakan temuan awal dan tidak menyebar ke lainnya," ujarnya.

Selain itu, Maidi juga memastikan bahwa tes antigen akan dilakukan berulang kali untuk mendukung keamanan saat PTM. Hal ini ditempuh untuk memastikan kondisi kesehatan siswa dan pihak-pihak pendukung sekolah.

"Nanti akan dites antigen lagi. Jadi, benar-benar terprogram, tidak tergesa-gesa. Dengan screening antigen masif secara gratis ini harapannya siapa yang sakit segera ditemukan untuk diberikan penanganan sebelum terlambat, sehingga tidak menularkan ke yang lain dan tingkat kesembuhan tinggi," katanya.

Artikel Asli