Sudah Divaksin, Kena Covid-19, Bos Toko Bunga di Singapura Meninggal

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:48
Sudah Divaksin, Kena Covid-19, Bos Toko Bunga di Singapura Meninggal

JawaPos.com Seorang pengusaha sekaligus bos toko bunga ternama di Singapura,Michael Ong Teong Seng, meninggal dunia akibat Covid-19. Sebelumnya, Ong sudah divaksinasi lengkap dua dosis. Ong memang punya riwayat komorbid yang mendasarinya dan usianya sudah 74 tahun.

Pendiri toko bunga Fleuridee itu adalah pelopor dari perangkai bunga di Singapura.Pada Sabtu (2/10), ia meninggal karena komplikasi akibat Covid-19.Ong telah menghabiskan lebih dari 40 tahun hidupnya bergelut dengan bunga, setelah membuka Fleuridee di Shaw Center pada 1970-an.

Adiknya, Lillian Clonts, 63, mengatakan kepada The Straits Times bahwa ia membangun nama untuk dirinya sendiri dengan kreasi artistiknya.Ong juga ditunjuk sebagai penjual bunga untuk para pejabat asing.Salah satunya termasuk kunjungan kenegaraan oleh mantan presiden Amerika Serikat, Sultan Brunei, dan Ratu Inggris Elizabeth II.

Sosoknya dikenal sebagai pria yang cerdas dan humoris yang membawa kegembiraan bagi setiap orang yang bertemu dengannya.Ong, yang belum menikah, juga merupakan salah satu pengadopsi awal ikebana, gaya merangkai bunga Jepang.

Ong memiliki tekanan darah tinggi, sempat menderita stroke tahun lalu tetapi pulih, dan mentalnya kuat.Dia mulai merasa tidak enak badan pada 1 September 2021, dan memberi tahu keluarganya tentang hal itu saat makan malam pada 3 September. Mereka awalnya mengira itu adalah reaksi alergi tetapi tetap menyuruhnya untuk dites.

Dia dinyatakan positif Covid-19 pada 4 September, dan dibawa ke hotel untuk dikarantina. Seminggu kemudian ia dibawa ke Rumah Sakit Umum Changi (CGH).

Kondisinya tiba-tiba berubah dan dia dipindahkan ke unit perawatan intensif (ICU).Ong harus dipasangi oksigen. Paru-parunya ternyata mengalami infeksi.

Ong yang telah divaksinasi lengkap, meninggal di CGH sekitar pukul 6 sore pada Sabtu, 2 Oktober 2021.Selain warisannya dalam merangkai bunga, karya Ong dalam bentuk seni lainnya dapat ditemukan di sekitar Singapura. Karya seninya dari kertas digantung di restoran Jepang Mikuni di Fairmont Singapore.
Ong juga dikenal sebagai pelukis dengan karya-karyanya terinspirasi oleh alam.

Artikel Asli