2 Laga Penentu Semifinal Bola Basket PON Papua Digelar Rabu

Nasional | republika | Published at Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:37
2 Laga Penentu Semifinal Bola Basket PON Papua Digelar Rabu

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Kompetisi cabang olahraga bola basket PON XX Papua tiba pada hari terakhir pertandingan penyisihan grup, Rabu (6/10), yang seluruh laganya digelar di Mimika Sport Complex, Mimika. Ada empat pertandingan dari sektor putra yang digelar pada hari ini, dua di antaranya adalah partai penentuan kelolosan ke babak semifinal.

Laga penentu pertama adalah pertandingan Pool B Jawa Timur versus Bali mulai pukul 13.00 WIT. Jawa Timur dan Bali, yang kini sama-sama mengoleksi lima poin di klasemen sementara grup, diyakini akan bermain habis-habisan karena pemenang laga ini dipastikan mendampingi Sulawesi Utara ke empat besar. Sulawesi Utara sudah dipastikan melaju ke semifinal sebagai juara Pool B.

Sementara laga penentu semifinal kedua datang dari Pool A yaitu Jawa Tengah kontra DKI Jakarta yang dimulai pukul 15.00 WIT. Bukan cuma vital bagi Jawa Tengah dan DKI Jakarta, pertandingan tersebut juga akan memastikan nasib Jawa Barat.

Jawa Barat untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Pool A dengan tujuh poin dari tiga laga setelah pada pertandingan terakhirnya menundukkan Kalimantan Selatan 83-47, Senin (4/10). Namun, jumlah poin tersebut belum mengamankan jalan Jawa Barat ke semifinal lantaran DKI Jakarta (enam poin) masih akan menghadapi Jawa Tengah (lima poin).

Jawa Barat dengan koleksi tujuh poinnya akan ke semifinal jika DKI Jakarta menundukkan Jawa Tengah. Sebab, andai itu terjadi, maka DKI Jakarta akan mengantongi delapan poin dan Jawa Tengah hanya enam poin. Akan tetapi, misalnya DKI Jakarta kalah dari Jawa Tengah, itu berarti ketiga tim itu berpoin tujuh.

Dengan demikian, tim yang melaju ke semifinal ditentukan selisih poin memasukkan-kemasukan sesuai regulasi teknis bola basket 5x5 PON XX Papua ketika terjadi kasus lebih dari dua regu berpoin identik.

Adapun dua pertandingan lain pada Rabu yaitu Kalimantan Selatan versus Banten dan Sulawesi Utara versus Papua yang sudah tidak berpengaruh dengan status masing-masing di grup. Kalimantan Selatan, Banten, dan Papua sudah dipastikan tersingkir dari PON XX Papua.

Berikut jadwal lengkap pertandingan bola basket PON XX Papua pada Rabu (6/10).

Pukul 09.00-11.00 WIT - Kalimantan Selatan versus Banten (Pool A)
Pukul 11.00-13.00 WIT - Sulawesi Utara versus Papua (Pool B)
Pukul 13.00-15.00 WIT - Jawa Timur versus Bali (Pool B)
Pukul 15.00-17.00 WIT - Jawa Tengah versus DKI Jakarta (Pool A).

Artikel Asli