Gerindra Sebut Partai Buruh Berpeluang Lolos ke Parlemen

jawapos | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 17:25
Gerindra Sebut Partai Buruh Berpeluang Lolos ke Parlemen

JawaPos.com Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik dengan kehadiran Partai Buruh. Sehingga aspirasi para buruh nantinya bisa diperjuangkan di dalam partai politik.

Diketahui, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sepakat untuk menghidupkan kembali Partai Buruh. Partai ini pun siap berjuang untuk bisa tampil di Pemilu 2024 mendatang.

Kami apresiasi dan menyambut baik KSPI yang akan menghidupkan kembali Partai Buruh. Kita sudah sama-sama tahu bahwa Partai Buruh pernah beberapa kali mengikuti Pemilu di Indonesia, ujar Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/9).

Menurut Dasco dengan adanya Partai Buruh ini aspirasi para buruh bisa terwakili. Sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi di parlemen jika di Pemilu 2024 partai tersebut masuk ke Senayan.

Oleh karena itu adanya partai buruh ini sangat bagus, supaya aspirasi para buruh itu kemudian bisa diperjuangkan semaksimal mungkin dari mulai menyampaikan aspirasi sampai membentuk atau merevisi UU, katanya.

Sekali lagi kami sampaikan apresiasi kepada teman-teman pekerja buruh dan saya ucapkan selamat berjuang untuk menempuh jalan demokrasi. Kalau mereka harus mengikuti demokrasi tentunya rakyat yang menentukan apakah memang kemudian partai ini bisa ada tempat di parlemem atau tidak, tergantung dari teman-teman Partai Buruh mengambil hati rakyat Indonesia, lanjut Dasco.

Wakil Ketua DPR ini pun menilai Partai Buruh berpeluang lolos ke parlemen di Pemilu 2024 mendatang. Hal itu lantaran basis masa pekerja yang jumlahnya besar di Indonesia.

Kalau liat peluang seharusnya besar ya, karena dengan persyaratan 4 persen untuk perlemen threshold bisa dicapai oleh Partai Buruh yang basisnya adalah pekerja yang kita lihat bahwa pekerja kita di Indonesia ini jumlahnya banyak sekali, sehingga peluangnya cukup besar, pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden KSPI Said Iqbal mengaku dirinya bersama dengan aliansi buruh lainnya sepakat untuk menghidupkan kembali Partai Buruh. Para anggota akan berjuang untuk bisa mengikuti Pemilu 2024.

Said menjelaskan salah satu tujuan menghidupkan kembali Partai Buruh lantaran bentuk kekecewaan disahkan UU Omnibus Law Cipta Kerja. Sehingga partai ini bakal memperjuangkan nasib para buruh.

Suara kaum buruh dan petani, nelayan serta konstituen Partai Buruh harus diberikan kesempatan yang sama di suarakan melalui jalur parlemen, dan jalur perjuangan gerakan tetap dilakukan oleh serikat, katanya.

Said menjelaskan, pendiri kebangkitan Partai Buruh ini setidaknya empat konfederasi serikat pekerja, kemudian 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional, serikat petani, nelayan, forum guru honorer, tenaga honorer, guru swasta dan organisasi gerakan sosial lainnya.

Said menuturkan, kongres kebangkitan Partai Buruh rencananya akan dikakukan pada 4-5 Oktober 2021 di sebuah hotel di kawasan Jakarta.

Artikel Asli