Vaksinasi di Tasikmalaya Ditarget Capai 50 Persen

republika | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 17:20
Vaksinasi di Tasikmalaya Ditarget Capai 50 Persen

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Tasikmalaya sudah mencapai 37,94 persen per 4 Oktober. Dari total sasaran 540.243 penduduk yang harus divaksin, sebanyak 212.577 orang di antaranya sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, pihaknya terus melakukan akselerasi dalam pelaksanaan vaksinasi. Ditargetkan, pada Oktober ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Tasikmalaya dapat mencapai 50 persen.

"Mudah-mudahan dua atau tiga pekan ke depan kita bisa mencapai 50 persen, sehingga pada akhir Desember ini kita bisa tuntaskan vaksinasi kepada seluruh target sasaran," kata dia, Senin (4/10).

Menurut Uus, dinasnya bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah lainnya cukup sering menggelar vaksinasi massal di Kota Tasikmalaya. Namun, vaksinasi massal yang digelar tak hanya didatangi masyarakat Kota Tasikmalaya. Banyak masyarakat dari luar kota yang ikut melaksanakan vaksinasi di Kota Tasikmalaya. Alhasil, capaian vaksinasi di Kota Tasikmalaya tak meningkat secara signifikan.

Ia menjelaskan, ke depannya pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Tasikmalaya akan lebih memprioritaskan warga dari dalam kota. Dengan begitu, capaian vaksinasi kepada warga Kota Tasikmalaya dapat meningkat signifikan.

"Di beberapa puskemas juga kita akan tambah petugasnya agar terjadi akselerasi," ujar dia.

Uus menambahkan, saat ini kondisi stok vaksin di Kota Tasikmalaya masih cukup memadai. Distribusi vaksin dari pemerintah provinsi juga sejauh ini berjalan lancar.

"Kalau pun kekurangan, kita minta bantuan TNI dan Polri," kata dia.

Artikel Asli