Syarat Vaksinasi Sudah Terpenuhi Pemerintah Uji Coba PPKM Level 1 Di Kota Blitar

rm.id | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 16:04
Syarat Vaksinasi Sudah Terpenuhi Pemerintah Uji Coba PPKM Level 1 Di Kota Blitar

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi/Komandan PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan, pemerintah akan melakukan uji coba PPKM level 1 di Kota Blitar, Jawa Timur.

Kota tempat Proklamator RI Bung Karno dimakamkan itu dinilai telah memenuhi syarat indikator Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk turun ke level terendah PPKM. Di samping telah memenuhi syarat cakupan vaksinasi untuk turun ke level 1.

Cakupan vaksinasi dosis pertamadi Kota Blitar telah mencapai 70 persen, sementaracakupan dosis pertamalansia 60 persen.

"Penerapan PPKM level 1 akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal. Untuk menyeimbangkan hal tersebut, kami akan berupaya meningkatkan tindakan surveillance berupa testing dan tracing dan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, kata Luhut dalam konferensi pers PPKM virtual, Senin (4/10).

Luhut menambahkan, pihaknya juga sudah membentuk task force yang terdiri dari para pakar dan ahli di bidangnya, untuk tinggal di Kota Blitar selama beberapa waktu.

Kalau berhasil, akan kita kembangkan ke kota-kota yang masuk ke level 1. Di samping itu, pemerintah juga akan melakukan pengawasan ketat dengan memonitor seluruh aktivitas masyarakat di Blitar, agar dapat merespon hal-hal yang bersifat darurat, pungkasnya. [HES]

Artikel Asli