Wakil Ketua DPRD Surabaya Populerkan Batik Asal Surabaya

jawapos | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 15:35
Wakil Ketua DPRD Surabaya Populerkan Batik Asal Surabaya

JawaPos.com Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti berupaya mempopulerkan batik asal Surabaya. Upaya itu beriringan dengan Hari Batik Nasional, Sabtu (2/10).

Reni meminta warga untuk menggunakan batik yang dibuat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surabaya. Reni mengaku di berbagai acara kerap mengenakan batik karya para pelaku UMKM Surabaya.

Di Surabaya banyak UMKM yang bisa memproduksi karya batik dengan motif khas Surabaya. Ini perlu dipopulerkan, kata Reni pada Senin (4/10).

Reni menuturkan, hal itu merupakan tugas bersama untuk mengenalkan batik Surabaya. Dengan mempopulerkan batik Surabaya, perekonomian Surabaya juga bangkit kembali.

Wali kota bersama jajaran pejabat dan pegawai pemkot bisa jadi model agar masyarakat semakin tahu batik Surabaya, ujar Reni.

Reni mendorong kepada Pemerintah Kota Surabaya lebih mempopulerkan batik Surabaya kepada publik. Hal tersebut juga untuk membantu pengrajin batik agar produk yang dihasilkan makin berkualitas.

Misal penggunaan motif batik Surabaya pada seragam-seragam sekolah maupun seragam pegawai-pegawai di lingkungan pemkot, terang Reni.

Menurut pimpinan DPRD itu, corak khas batik Surabaya bisa lebih dikedepankan dan dipasarkan. Namun yang tidak kalah penting, akan lebih baik lagi bila batik tersebut merupakan hasil karya dari warga Surabaya.

Sehingga mampu memajukan para pengrajin batik dan ekonomi masyarakat Surabaya, tutur Reni.

Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu banyak memiliki koleksi produk batik dari para pengrajin Surabaya. Mulai dari jilbab hingga busana keseharian yang dikenakan saat agenda kedewanan, sapa warga, maupun saat kunjungan ke luar negeri.

Artikel Asli