Kunci Sukses Tiongkok: Jangan Terlena Prestasi Masa Lalu!

jawapos | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 14:29
Kunci Sukses Tiongkok: Jangan Terlena Prestasi Masa Lalu!

JawaPos.com Tiongkok semakin mengukuhkan predikat mereka sebagai tim bulu tangkis paling superior di dunia setelah meraih gelar ke-12 mereka di Piala Sudirman 2021. Tim yang dinakhodai oleh Zhang Jun tersebut mengangkat trofi juara usah mengandaskan Jepang dengan skor 3-1 di partai final, Minggu (4/10) kemarin.

Hasil ini jelas merupakan pencapaian yang luar biasa. Pasalnya, dari pertama kali digelar tahun 1989, Tiongkok hanya lima kali merasakan pahitnya tidak berdiri di podium tertinggi dari total 17 kali penyelenggaraan turnamen beregu ini.

Dilansir dari laman resmi BWF , Zhang Jun tidak memungkiri bahwa secara fisik dan mental, anak-anak asuhnya masih dalam keadaan yang sangat lelah usai mereka melakoni Olimpiade Tokyo 2020 dan Kejuaraan Nasional di Tiongkok.

Tentu kami sangat mengerti keadaan ini. Mereka pasti sangat lelah. Yang bisa kami lakukan hanya terus menerus menyemangati mereka di lapangan. Para pelatih melakukan hal ini dengan sangat baik, ujar peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004 di nomor ganda campuran bersama Gao Ling tersebut.

Menyoal bagaimana para pemain tetap bisa tetap berada dalam performa terbaik mereka di setiap gim, Zhang Jun menuturkan bahwa ada tiga hal penting yang selalu mereka terapkan.

Mereka harus tetap lapar dengan prestasi. Begitu berhasil naik podium, semua balik lagi dari nol dan mereka harus mulai lagi dari awal. Mereka tidak boleh terlena dengan prestasi di masa lalu, kata Zhang Jun.

Artikel Asli