Boy Thohir Bakal Akuisisi Saham Trimegah Sekuritas

republika | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 14:20
Boy Thohir Bakal Akuisisi Saham Trimegah Sekuritas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha tambang batu bara Garibaldi Thohir akan mengakuisisi saham PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM). Rencana itu disampaikan oleh pengusaha yang akrab disapa Boy Thohir ini melalui pengumuman di salah satu media cetak nasional.

Saudara kandung dari Menteri BUMN Erick Thohir ini mengaku telah melaksanakan proses negosiasi atas rencana pengambilalihan TRIM. Adapun pihak yang bertindak sebagai penjual saham TRIM yakni Advance Wealth Finance, Ltd.

"Dengan ini kami Garibaldi Thohir atau suatu entitas/konsorsium yang akan dipimpin dan dikendalikan oleh Garibaldi Thohir bermasud untuk mengumumkan bahwa saat ini kami sedang dalam proses negosiasi atas rencana pengambilalihan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk dengan Advance Wealth Finance, Ltd. (penjual)," kata Boy Thohir dalam pengumuman tersebut, dikutip Senin (4/10).

Boy Thohir menyatakan telah menandatangani term sheet yang belum mengikat dalam rangka mengambilalih kepemilikan saham TRIM dari Advance. Boy Thohir rencananya akan membeli 3,5 miliar saham TRIM milik Advance yang merupakan 49,23 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh TRIM.

Apabila transaksi ini terlaksana, akan mengakibatkan perubahan pengendalian atas PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Rencana pengambilalihan ini ditujukan untuk investasi dan pengembangan bisnis calon pengendali baru di pasar modal Indonesia.

Rencanan akuisisi oleh Boy Thohir ini pun membuat saham TRIM melesat signifikan pada hari ini. Saham TRIM konsisiten berada di zona hijau hingga memasuki perdagangan sesi kedua dan menguat sebesar 13,84 persen.

Artikel Asli