Kerusuhan Yahukimo Bukan karena Kematian mantan Bupati

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 14:18
Kerusuhan Yahukimo Bukan karena Kematian mantan Bupati

JAKARTA - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membantah kabar yang menyebut kericuhan antara kelompok masyarakat Suku Yali dan Suku Kimyal di Yahukimo, Papua, dipicu kematian mantan Bupati Abock Busup. Zul mengungkapkan, kericuhan dipicu pergantian kepala distrik di Yahukimo.

"Kerusuhan karena bupati mengganti kepala-kepala distrik. Itu yang saya dengar," kata Zulkifli di acara Workshop Nasional DPP PAN di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (4/10).

Menurut Zul Bupati Yahukimo yang saat ini menjabat telah mengganti kepala distrik di sejumlah wilayah. Hal ini kemudian yang memicu keributan antarwarga. Menurut informasi yang dia dengar, kepala-kepala distrik semua diganti.

Sementara itu, Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, menyatakan wafatnya Abock Busup tak terkait politik. "Almarhum wafat bukan karena tembakan. Menurut tim dokter karena diduga kena serangan jantung," kata Viva.

Yahukimo, Papua, pada hari Minggu (3/10) rusuh di Dekai, ibu kota kabupaten Yahukimo. Enam warga dilaporkan tewas, 42 orang luka-luka, termasuk seorang anggota Polri. Selain korban luka-luka dan kehilangan nyawa, beberapa rumah milik warga dan satu hotel dibakar massa.

Artikel Asli