Dibangun Kilat 20 Hari Amarta Karya Bangga Terlibat Proyek RS Merauke

rm.id | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 13:59
Dibangun Kilat 20 Hari Amarta Karya Bangga Terlibat Proyek RS Merauke

LDirektur Utama PT Amarta Karya (Persero) Nikolas Agung bersyukur Rumah Sakit (RS) Modular Jenderal TNI L.B Moerdani telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (3/10).

Nikolas berharap, rumah sakit ini bermanfaat. "Jadi selain untuk penanganan Covid-19, juga digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Merauke dan tentunya akan digunakan juga untuk masyarakat Kota Merauke Papua," ujar Nikolas kepada RM . id , melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Senin (4/10).

Nikolas menceritakan, pembangunan RS yang dibangun atas Kerja sama Operasi (KSO) antara PT Amarta Karya dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) ini dibangun kilat, 20 hari.

Spesifikasi RS Modular milik Kementerian Pertahanan (Kemenhan) ini cukup lengkap. Seperti, ruang rawat inap, isolasi, karantina, laboratorium, Instalasi Gawat Darurat (IGD), radiologi, farmasi serta memiliki kapasitas 201 tempat tidur. "Ini adalah kali pertama, Amka turut berkontribusi membangun RS Modular milik Kemenhan," ungkapnya.

Nikolas mengatakan, pihaknya sedari awal berkomitmen menyelesaikan pembangunan ini tepat waktu. Baginya, ini adalah pencapaian yang luar biasa dan bukti nyata dalam kontribusi penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Merauke, Papua.

Corporate Secretary Amarta Karya Pandhit Seno Aji mengatakan, hasil positif ini semakin membangkitkan optimisme bagi perseroan untuk meningkatkan kompetensi dan adaptif dalam melihat setiap peluang. Terutama dalam upaya peran aktif pembangunan negara.

"Alhamdulillah penyelesaian RSDC yang diberi nama RS Jenderal TNI L.B Moerdani, mendapat apresiasi dari keseluruhan stakeholders, utamanya dari Bapak Presiden dan Bapak Menhan. Kami sampaikan terima kasih kepada PT PP selaku partner KSO," ujar Pandhit.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi pembangunan RS Modular L.B Moerdani ini. "Rumah Sakit Modular ini sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit dengan pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan terjangkau," ujar Jokowi saat peresmian.

Presiden menyampaikan, fasilitas kesehatan dibutuhkan dalam masa pandemi Covid-19.Terutama, pada daerah yang sulit terjangkau. Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan, Budi Karya, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta dihadiri pula oleh Ketua DPR Puan Maharani. [ BSH ]

Artikel Asli