Tim SAR Cari Pemuda yang Tenggelam di Danau Batukarut

republika | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 12:22
Tim SAR Cari Pemuda yang Tenggelam di Danau Batukarut

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap seorang warga yang tenggelam di Danau Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Ahad (3/10) siang. Hingga kini korban tenggelam masih belum ditemukan.

Informasi yang diperoleh korban tersebur Ramdan (22 tahun) tenggelam di Dana Batukarut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi pada Ahad (3/10) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Setelah menerima Informasi dari BPBD Kabupaten Sukabumi mengenai kejadian tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta kemudian mengirimkan tim Rescue Pos SAR Sukabumi menuju lokasi," ujar Hendra Sudirman, selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta sekaligus SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Dari keterangan di lokasi, awalnya seorang warga yang melihat peristiwa tersebut langsung memberikan pertolongan korban. Namun korban kemudian berontak hingga akhirnya warga tersebut pun menjauhi korban karena bisa membahayakan bagi dirinya sendiri yang pada saat itu hanya memakai alat seadanya.

Menurut Hendra, tim Rescue lengkap dengan peralatan SAR air berada di lokasi kejadian untuk bergabung dengan unsur potensi SAR yang lain melakukan pencarian terhadap korban. Di mana pencarian terbagi menjadi tiga search rescue unit (SRU).

Tim pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet pada radius 200 meter di sekitar lokasi kejadian. SRU kedua melakukan pencarian dengan melakukan pengamatan secara visual di pinggiran danau dengan radius 600 meter.

Tim rescue SRU ketiga akan melakukan penyelaman apabila kondisi memungkinkan dengan radius 10 meter di lokasi kejadian dengan kedalaman 5 hingga 7 meter.

Adapun tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi SAR ini yaitu Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Koramil Sukaraja, Polsek Sukaraja, aparat Kecamatan Sukaraja, BPBD Kabupaten Sukabumi, BPBD Kota Sukabumi, Damkar Sukabumi, SEHATI, ACT, Pramuka Peduli Sukabumi, dan masyarakat setempat.

Artikel Asli