Ahli Penyakit AS: Bukan 2, tapi 3 Dosis Vaksin Agar Aman dari Covid-19

jawapos | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 12:13
Ahli Penyakit AS: Bukan 2, tapi 3 Dosis Vaksin Agar Aman dari Covid-19

JawaPos.com Sejumlah negara sudah mulai memberi suntikan penguat atau booster Covid-19 pada warganya di tengah varian yang terus bermunculan. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tak setuju dengan hal itu mengingat masih ada ketimpangan akses vaksin di negara miskin. Sebetulnya, seberapa penting booster? Berapa banyak suntikan vaksin agar aman dari Covid-19?

Ahli Penyakit Menular AS, dr. Anthony Fauci mengatakan ada angka optimal. Fauci yang juga Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan rejimen optimal untuk vaksinasi virus Korona yakni mencakup tiga suntikan. Bukan dua, menurut Fauci seperti dilansir The Washington Post.

Tiga suntikan akan mencakup dua dosis pertama, serta suntikan booster ketiga. Ini hanya untuk vaksin mRNA Covid-19, yang berasal dari Moderna dan Pfizer. Tidak jelas bagi mereka yang mendapatkan vaksin Covid-19 Johnson & Johnson atau yang lainnya.

Pada akhirnya saya percaya bahwa rejimen optimal untuk mRNA (vaksin) akan mencakup suntikan booster ketiga itu, kata Fauci.

Komentar Fauci muncul ketika Food and Drug Administration (FDA) AS mengizinkan vaksin Pfizer untuk suntikan booster. Orang yang menerima dosis pertama vaksin Pfizer sekarang bisa mendapatkan suntikan booster. Namun, tak disebutkan bagaimana jika dengan vaksin dari Tiongkok.

Bloomberg melaporkan FDA mungkin cenderung menyetujui suntikan ketiga yakni setengah dosis untuk Moderna. Sebab dua suntikan pertama Moderna mengandung lebih banyak vaksin daripada dua dosis awal Pfizer.

Artikel Asli