Dikunjungi Sandi, Penulis Lontar Bali Panjatkan Doa Khusus

rm.id | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 11:15
Dikunjungi Sandi, Penulis Lontar Bali Panjatkan Doa Khusus

Di sela kunjungannya ke Bali, pekan lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyempatkan bertemu I Wayan Mudita Adnyana, penulis lontar andal, di Desa Tenganan Pegringsingan, Manggis, Karangasem. Sandi datang untuk melihat kehebatan Mudita dalam menulis lontar.

Mudita merupakan penulis lontar andal. Ketenaran seniman berusia 90 tahun ini bukan hanya sebatas Bali, tapi sampai ke mancanegara.

Di usianya yang sudah senja, Mudita tetap punya semangat tinggi dan kemampuan mempuni dalam menulis lontar aksara Bali. Hampir 78 tahun hidupnya dihabiskan untuk menekuni seni menyurat lontar.

Kesenian yang dilakukan oleh I Wayan Mudita sudah sangat langka, dan saya akhirnya bisa menemuinya, kata Sandi, seperti keterangan yang diterima redaksi, Senin (4/10).

Sandi menerangkan, sudah tidak terhitung berapa banyak karya yang dihasilkan bapak empat anak dan sepuluh cucu itu. Sudah tidak terhitung juga berapa tokoh yang datang ke tempatnya. Bahkan, mantan Presiden Italia Alessandro Pertini dan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri juga pernah mendatangi kediaman Mudita.

Mudita sangat senang dengan kunjungan Sandi itu. Sebab, sejak pandemi melanda, kediamannya sudah jarang dikunjungi. Dia pun menanjatkan doa khusus untuk masa depan Sandi. "Saya doakan Bapak Sandi jadi pimpinan nomor 1 negeri ini," ucapnya. [ USU ]

Artikel Asli