Teluk Jakarta Disebut Mengandung Paracetamol, Pemprov DKI Ambil Sampel

jawapos | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 11:12
Teluk Jakarta Disebut Mengandung Paracetamol, Pemprov DKI Ambil Sampel

JawaPos.com Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta masih mendalami dugaan adanya kandungan paracetamol di Teluk Jakarta. Petugas saat ini sudah mengambil sampel air untuk memastikan kandungannya.

Kami telah melakukan pengambilan sampel. Hasilnya belum keluar karena sampel baru kita kirim ke Labkesda DKI untuk dianalisa, kata Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi, Senin (4/10).

Yogi menuturkan, pengambilan sampel air dilakukan di beberapa lokasi.

Lokasi pengambilan sampel di Dermaga Marina, Muara Ancol, Dermaga Angke, dan Muara Angke, imbuhnya.

Lebih lanjut, Yogi menuturkan, apabila terbukti air laut tersebut mengandugg paracetamol, maka sudah tergolong pencemaran. Oleh karena itu, pihaknya akan membuat kebijakan untuk mengendalikan pencemaran air laut tersebut.

Itu pencemaran karena bukan pada tempatnya. Paracetamol kok ada di laut, apapun yang tidak pada tempatnya, apapun yang melebihi kadarnya di suatu tempat tergolong pencemaran, pungkas Yogi.

Sebelumnya, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Science Direct menyatakan jika air laut di Teluk Jakarta mengandung paracetamol. Penelitian diterbitkan pada Agustus 2021 lalu.

Dalam penelitian tersebut dikatakan jika di Angke memiliki konsentrasi tinggi terhadap kandungan paracetamol, yakni 610 ng/L, dan Ancol sebesar 420 ng/L. Namun, para ilmuwan yang meneliti menyebut jika hasil penelitian ini harus dianalisis lebih lanjut.

Artikel Asli