Enam Pemenang Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan, Juara I Wakili NTB di Tingkat Nasional

suarantb | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 02:54
Enam Pemenang Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan, Juara I Wakili NTB di Tingkat Nasional

Mataram (Suara NTB) Pemprov melalui Dinas Sosial (Disos) NTB menyerahkan piagam dan hadiah kepada enam pemenang lomba karya ilmiah kepahlawanan tingkat provinsi NTB tahun 2021. Penyerahan piagam dan hadiah oleh Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Eva Nurcahyaningsih, M. Si., dan Kepala Disos NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M. Si., pada acara Bincang Gemilang di halaman Kantor Disos NTB, Jumat, 1 Oktober 2021.

Adapun enam pemenang lomba karya ilmiah kepahlawanan tingkat provinsi NTB tahun 2021. Antara lain Juara I yaitu, Yolanda Aditya Astarika dari MAN Insan Cendikia Lombok Timur, Juara II Zaskia Muazzatun M dari SMAN 1 Mataram dan Juara III Fitiawati dari SMAN 1 Jonggat.

Sedangkan Juara Harapan I diraih Dewi Intan dari MAN 1 Lombok Timur, Juara Harapan II Sartika dari MAN 1 Sumbawa dan Juara Harapan III Sari Sukmawati dari MAN 2 Kota Bima. Bagi juara I, akan mewakili NTB untuk mengikuti lomba karya ilmiah kepahlawanan tingkat nasional.

Kepala Disos NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H., menjelaskan maksud digelarnya lomba tersebut untuk menambah wawasan pengetahuan kepahlawanan dan meningkatkan rasa kecintaan terhadap Tanah Air. Sedangkan tujuannya, tersosialisasikan dan terpahaminya nilai-nilai kepahlawanan keperintisan dan kesetiakawanan di kalangan generasi muda untuk kemudian diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial yang telah diwariskan para pahlawan seperti rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras, suka menolong, dan lainnya. Hendaknya terus ditumbuhkembangkan di kalangan masyarakat khususnya generasi muda.

Apalagi, era globalisasi saat ini yang sarat dengan berbagai pengaruh. Apabila tidak disikapi dengan hati-hati, maka dikhawatirkan dapat membawa generasi muda ke arah tidak diinginkan.

Sehinga melalui lomba karya ilmiah kepahlawanan ini diharapkan dapat mengeksplor pemikiran generasi muda mengenai pandangan mereka tentang rasa nasionalisme. Dan dapat melihat sejauhmana pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kepahlawanan dan implementasinya di dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Disos NTB, Hamzan Wadi mengatakan lomba karya ilmiah kepahlawanan diikuti 75 pelajar dari 75 SMA/MA sederajat baik negeri dan swasta di seluruh NTB. Hasil karya ilmiah masing-masing peserta kemudian diseleksi oleh tim juri.

Tim Juri berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB dan Kanwil Kementerian Agaman (Kemenag) NTB.

Hamzan Wadi menyebutkan dari 75 peserta, terseleksi peserta yang masuk 10 besar. Setelah dilakukan seleksi lewat presentasi secara daring oleh Tim Juri, diperoleh enam orang pemenang. Yaitu, Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I, Juara Harapan II dan Juara Harapan III.

Para pemenang diberikan hadiah uang tunai, piagam penghargaan dan hadiah tambahan, kata Hamzan Wadi.

Hamzan Wadi menyebutkan untuk Juara I mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta, satu bauh sepeda dan piala serta piagam penghargaan. Kemudian, Juara II mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2,5 juta, satu buah blender, piala dan piagam penghargaan. Sedangkan Juara III mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2 juta, satu buah kipas angin, piala dan piagam penghargaan.

Sementara Juara Harapan I, II dan III mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp1 juta, satu buah penanak nasi Miyako, piala dan piagam penghargaan. Untuk Juara I, kata Hamzan Wadi, akan mewakili NTB di tingkat nasional.

Juara I mewakili NTB ke tingkat nasional. Jura I ini kami minta juri yang kemarin membimbing supaya lebih siap menghadapi perlombaan di tingkat nasional, tandasnya. (nas)

Artikel Enam Pemenang Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan, Juara I Wakili NTB di Tingkat Nasional pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli