PSSI Jabar Butuh Pemimpin yang Pandai Berkolaborasi

republika | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 09:29
PSSI Jabar Butuh Pemimpin yang Pandai Berkolaborasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah tokoh sepakbola mulai dari asosiasi kabupaten/kota, pemilik klub, hingga mantan exco PSSI pusat mendukung Ramram Mukhlis Ramdani untuk menjadi ketua umum PSSI Jawa Barat periode 2021-2025. Dukungan dibuktikan dengan mengantarkan Ramram saat mendaftar di kantor PSSI Jawa Barat di Jalan Lodaya, Kota Bandung, Ahad (3/10).

Mantan Ketua PSSI Jawa Barat yang juga pernah menjadi exco PSSI pusat, Toni Apriliani, persepakbolaan di Tanah Air, khususnya Jawa Barat, memiliki persoalan yang kompleks terutama menyangkut pembiayaan. Akibatnya, pengelola klub selalu dibebani keuangan setiap kompetisi akan digelar.

Oleh karena itu, kata dia, perlu sosok yang pandai berkolaborasi untuk memimpin PSSI Jawa Barat. "Punya komitmen yang tinggi untuk memajukan bola dan tidak membebankan biaya ke para stakeholder. Mudah-mudahan permasalahan sepakbola yang terus terjadi, bisa beres," ujar Toni dalam siaran persnya, Ahad malam (4/10).

Toni mengatakan, Ramram merupakan sosok yang tepat untuk memajukan kembali persepakbolaan Jawa Barat. "Masih muda, punya pengalaman (mengurus) di sepakbola, dan mempunyai jaringan yang luas. Sehingga tidak perlu diragukan lagi komitmennya," katanya.

Menurut Ketua Asosiasi Kabupaten PSSI Bogor, Junaidi Samsudin, PSSI membutuhkan sosok yang berpengalaman mengurus sepakbola agar paham betul tentang persoalan yang ada. "Kami mendukung Ramram karena beliau sudah pengalaman di sepakbola," katanya.

Selain itu, Junaidi pun meyakini Ramram mampu menjembatani PSSI Jawa Barat dengan pemerintah daerah di provinsi tersebut. "Bukan hanya sepakbola, semua cabang olahraga wajib bersinergi dengan pemerintah kalau kompetisi ingin berjalan baik," katanya.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, dia optimistis kompetisi akan berjalan baik. "Kompetisi akan berjalan baik, dan klub akan menanggung biaya yang murah, syukur-syukur bisa gratis," katanya.

Ketua Depok United, Pradi Supriatna, berharap, adanya perubahan signifikan dalam pengelolaan sepakbola khususnya di tubuh PSSI Jawa Barat. "Kami ingin perubahan, ingin suasana baru, agar bisa berprestasi," katanya.

Ramram Mukhlis Ramdani berjanji akan menghadirkan kompetisi berbiaya murah jika dirinya terpilih. Hal ini akan terwujud jika PSSI bisa berkolaborasi baik dengan pemerintah maupun unsur swasta dalam setiap kompetisi yang digelar.

"Saya akan maksimalkan kolaborasi," katanya. Selain itu, Ramram berjanji akan melakukan pendataan terkait sepakbola di Jawa Barat mulai dari klub hingga pemain.

Dia juga mengatakan, selama kepemimpinannya nanti, akan mematok target penambahan klub asal Jawa Barat yang masuk Liga 1 dan Liga 2. "Dan yang pasti saya akan transparan dan akuntabel dalam mengelola PSSI," katanya.

Artikel Asli