Sirkuit Mandalika Rampung Bulan Ini

suarantb | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 02:11
Sirkuit Mandalika Rampung Bulan Ini

BEBERAPA item pekerjaan di area sirkuit internasional Mandalika saat ini masih berlangsung. Tapi hanya untuk pekerjaan kecil saja. Yang artinya secara umum, semua pekerjaan berat sudah selesai. Dimana target pada bulan Oktober ini, semua fasilitas penunjang sirkuit Mandalika bisa dituntaskan.

Bicara kesiapan sirkuit internasional Mandalika, sudah hampir rampung dan siap untuk gelaran balapan World Superbike (WSBK) Championship tahun 2021, Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harinto. Tinggal sekarang pengerjaan pitstop building serta race control yang masih terus dikebut pengerjaannya.

Ia menjelaskan untuk pitstop building sifatnya modular yang saat ini materialnya tengah dikerjakan. Pemasangannya butuh waktu paling lama 10 hari. Sehingga, walaupun kelihatan baru pondasi saja, secara umum sudah bisa dikatakan selesai.

Kemudian terkait beberapa persoalan seperti pagar sirkuit yang dijebol warga, pihaknya sudah melakukan upaya-upaya persuasif dan warga sudah menerima, sehingga pagar yang sebelumnya sempat dijebol warga, saat ini sudah diperbaiki kembali.

Tinggal sekarang kita menunggu keputusan pusat soal alokasi jatah penonton yang diperbolehkan untuk menonton event secara langsung di sirkuit. Karena itu akan berkaitan dengan sistem dan pola penjualan tiket nantinya. Kalau dari sisi kesiapan sirkuit, sudah siap, tegas Happy.

Pada pelaksanaan balapanya nanti juga akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari pintu masuk kedatangan, baik itu bandara maupun pelabuhan sampai di area sirkuit sendiri.

Happy menambahkan untuk daya tampung penonton sirkuit internasional Mandalika sendiri cukup besar, yakni mencapai 168 ribu orang. Sehingga menjadikan sirkuit internasional Mandalika sebagai salah satu sirkuit dengan daya tampung terbesar di dunia. Tapi soal jumlah penonton, semua tergantung keputusan pusat. Kalau kuota penonton sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, maka penjualan tiket juga bisa segera dibuka.

Diakuinya, antusiasme masyarakat untuk bisa menonton langsung WSBK di sirkuit internasional Mandalika cukup tinggi. Selain karena ini merupakan balapan WSBK pertama setelah terakhir digelar tahun 1997 silam, balapan di sirkuit internasional Mandalika juga merupakan penutup dari seri balapan WSBK musim 2021, sehingga akan sangat menentukan siapa yang akan keluar sebagai juara WSBK tahun ini.

Sebagai seri penutup, balapan di sirkuit internasional Mandalika bakal menyajikan keseruan. Inilah yang membuat balapan WSBK di sirkuit Mandalika sangat ditunggu-tunggu para penggemar balap dunia, tutup Happy.

350 Marshal

Ketua Umum (Ketum) Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, M. Nur Haedin mengatakan IMI NTB telah berkoordinasi dengan MJPI guna mempersiapkan tenaga-tenaga teknis, seperti tenaga marshal, kemudian juga tenaga liaison officer (LO). Kita juga mempersiapkan untuk oficial merchandise, karena kita ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis membantu IMI Pusat, jelasnya.

Selanjutnya Pengurus Pusat (PP) IMI yang merupakan representasi member of FAM memberikan izin boleh atau tidaknya penyelenggaraan WSBK di NTB. Intinya IMI NTB yakin Asia Talent akan jalan, begitu juga dengan World Superbike. Dan kalau tidak ada halangan NTB akan menjadi negara yang menjadi penyelenggara putaran pertama MotoGP tahun 2022, jelasnya.

Selanjutnya persiapan teknik dari FAM, dan dari pihak MJPI sebagai promotor lokal Indonesia selalu mitra Dorna Sport sudah siap menggelar event.

Menurut Edo, karena event ini bakal menjadi event pertama diharapkan dari pemerintah dan masyarakat memberikan suasana kondusif, rasa aman dan nyaman kepada penonton karena dari seluruh Indonesia pasti akan datang untuk menyaksikan event ini.

IMI NTB harapkan momentum ini dapat dimanfaatkan para dunia industri ekonomi dan pariwisata untuk bisa lebih berkembang. Event ini juga diharapkan dapat menjadi pintu masuk untuk percepatan investasi terhadap kemajuan industri lokal dan ekonomi NTB. (kir/fan)

Artikel Sirkuit Mandalika Rampung Bulan Ini pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli