Partai-Partai Jerman Negosiasi Sebelum Bentuk Pemerintahan

republika | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 08:23
Partai-Partai Jerman Negosiasi Sebelum Bentuk Pemerintahan

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Empat partai terbesar di Jerman menggelar serangkaian pertemuan bilateral untuk mencari tahu posisi masing-masing sebelum memutuskan membentuk pemerintahan yang baru.
Partai Demokrat Sosial Jerman atau Sozialdemokratische Partei Deutschlands (SPD) berada di urutan pertama dalam pemilihan umum bulan lalu. Pada Ahad (3/10) kemarin mereka bertemu dengan Partai Demokrat Bebas atau Freie Demokratische Partei (FDP) yang berada di urutan keempat.

SPD dilaporkan juga akan bertemu dengan Partai Hijau yang memenangkan urutan ketiga. FDP dan Partai Hijau sudah menggelar serangkaian negosiasi sejak Rabu (29/9) walaupun tidak biasa partai yang lebih kecil memulai gerakan lebih dulu.

Sejumlah pengamat menyebut pertemuan SPD dan FDP pada Ahad lalu berjalan cepat. Pertemuan itu diakhiri dengan pertemuan FPD dengan partai Kanselir Angela Merkel, Partai Persatuan Demokrat Kristen Jerman atau (CDU).

Semua partai mengaku mereka menggelar perundingan yang 'konstruktif'. Tapi tidak mengungkapkan isi pembicaraan karena tidak ingin membahayakan negosiasi.

Negosiator FDP Volker Wissing mengakui ada sejumlah 'jurang'. Tapi ia menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Kandidat kanselir dari SPD, Olaf Scholz mengatakan ia ingin membentuk pemerintahan yang baru sebelum Natal. Scholz kandidat terkuat pengganti Merkel yang sudah menjabat sebagai kanselir selama 16 tahun.

Artikel Asli